Sehari Menjelang Pernikahan Abad Ini: Pangeran William dan Kate Middleton


Sehari terakhir menuju pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton, pihak penyelenggara kian direpotkan. Mereka mempersiapkan diri sebaik mungkin penyelenggaraan pernikahan yang akan dilangsungkan besok Jumat tanggal 29 April 2011 menjadi pernikahan terbesar dalam abad ini. Kemewahan dan kemegahan pernikahan tersebut akan mirip negeri dongeng. Gaun pengantin dan pernak pernikahan sudah mulai banyak menjadi perhatian dunia mode. Sementara itu keamanan para tamu penting dan menu jamuan menjadi prioritas utama.

Gladi resik telah diselenggarakan di Wesminster Abbey, Rabu (27/4) malam waktu setempat. Pangeran Harry dan juga anggota keluarga Middleton turut menghadiri acara tersebut. Mereka disambut oleh para anggota senior Pastor dan menempati barisan paling depan pada upacara yang akan diselenggarakan esok hari.

Uskup Agung Canterbury Dr Rowan Williams yang akan menikahkan keduanya terlihat memberikan pengarahan bagi calon mempelai. Sedangkan Uskup London Rt Rev Richard Chartres yang akan memberikan berkat dan Dekan Westminster The Very Rev Dr John Hall yang melakukan layanan terlihat mengikuti persiapan akhir dengan khidmat.

Wesminster Abbey, tempat pernikahan abad ini oleh  Pangeran William dan Kate Middleton merupakan Gedung megah yang indah itu dibangun lebih dari 1.000 tahun lalu, Wesminster Abbey telah menjadi tempat berlangsungnya 38 penobatan tahta Kerajaan Inggris secara berturut-turut sejak William Sang Penakluk diangkat menjadi Raja Inggris pada tahun 1066, arsitektur bergaya gothik, berhiaskan lukisan-lukisan bersejarah, kaca patri indah, manuskrip, buku dan artefak-artefak berharga lainnya. Wesminster Abbey memiliki daya tampung kurang lebih 3.000 tamu. Pada 29 April nanti, jumlah fantastis tersebut akan terasa sangat sedikit untuk kerajaan sebesar Kerajaan Inggris. Dan akan sangat menarik untuk mengamati siapa saja bangsawan dan aristokrat Inggris yang diundang secara resmi untuk acara ini.

Usai mengikuti rangkaian gladi resik, Pangeran William tertangkap kamera menghabiskan waktu bermain sepak bola bersama teman-temannya di Battersea Park, London. Sementara calon istri bersama keluarga besarnya berangkat menuju Hotel Goring yang menjadi tempat peristirahatan sementara mereka.

Kate akan tinggal di Royal Apartement, lantai teratas Hotel Goring di Belgravia. Kate ditemani ibu dan saudarinya akan menginap di apartemen bertarif 5.000 pond (sekitar Rp80 juta) permalam.

Kamar itu sudah ditata ulang dengan anggaran 150 ribu pound. Jadi, Kate, gadis 29 tahun itu mulai "berkenalan" dengan kemewahan yang akan sehari-hari dia rasakan setelah menikah dengan William. Kamar Kate terdiri dari empat tempat tidur kayu. Televisi siap muncul di ujung tempat tidur jika tombol ditekan. Bak mandinya buatan abad ke-19 dari Thomas Crapper dan dilengkapi televisi.

Isi apartemen itu semuanya barang-barang kelas 1, seperti keramik antik, furnitur dan ornamen buatan tangan. Dinding ruangan dilapisi sutra Gainsborough seharga 500 pound setiap satu meter persegi. Ada dua sofa yang saling berhadapan, dipisahkan dengan meja dari Tunbridge Ware.

Chandelier bergaya art deco tahun 1920-an berpadu menerangi ruangan dengan sepasang patung perempuan yang masing-masing memegang obor. Ornamen keramik china memperindah deretan buku-buku. Ada juga satu grand piano dan jendela bergaya Prancis di balkon Juliet yang mempersembahkan pemandangan indah di atas London skyline.

Hotel berumur 100 tahun itu memang favorit kaum kaya dan terkemuda dan dimiliki sepenuhnya oleh keluarga Goring. Karpet kamar Kate disediakan oleh suatu perusahaan di Prancis. Perusahaan itu juga menyediakan karpet untuk istana Versailles. Keluarga Middleton memesan semua kamar hotel yaitu 71 kamar. Mereka juga akan menggelar resepsi di hotel itu bagi pihak-pihak yang tidak diundang ke pesta di Istana Buckingham.


Perhiasan dan Baju Pengantin

Calon Princess of Wales ini akan didandani dengan pernak-pernik terbaik idaman setiap wanita. Desainer yang telah khusus merancang satu-satunya gaun pengantin untuk Kate dan menyesuaikannya dengan selera fashion khas Kate yang kerap dipuji berbagai kalangan sangat elegan, sopan, dan memancarkan aura seorang wanita bangsawan. Kate akan mengenakan tiara yang dipakai oleh para Ratu Inggris dalam pernikahannya secara turun-temurun.
Ratu Elizabeth akan meminjamkan tiara dari harta kerajaan, serta beberapa perhiasan lain. Untuk sepatu, Kate kemungkinan besar mengenakan stiletto dari Gina, desainer sepatu London yang memajang koleksinya di Selfridges London, tempat Kate, ibu dan adiknya,Carole serta Pippa, terlihat berbelanja beberapa minggu lalu.

Perancang gaun pengantin Kate adalah Sophie Cranston, desainer lokal London, pemilik label Libélula. Kejutan dari Yorke pun tak berhenti sampai di situ. Dia mengatakan, Kate tidak hanya menyiapkan satu, melainkan tiga gaun pengantin untuk dikenakan pada hari pernikahannya. Salah satu gaun yang akan dikenakan Catherine Middleton adalah gaun satin dan lace berpalet ivory dengan hiasan mutiara yang memiliki sentuhan elegan layaknya gaun Lady Diana dulu. Gaun tersebut tidak seluruhnya dirancang oleh Cranston,Kate pun ikut turun tangan. Yorke mengatakan, Kate, yang sebelumnya bekerja sebagai buyer assistant Jigsaw juga memiliki ketertarikan dalam hal rancang busana. Sejak pertunangan serta tanggal pernikahannya diumumkan, Catherine pun langsung merancang gaun yang diinginkannya untuk pernikahan. Kate banyak mengambil inspirasi gaun pengantinnya dari era Renaisans, yang dipelajarinya di Florence.

Adapun keterkaitan Kate dengan Cranston sebagai desainer gaun pengantinnya, terlihat dari seringnya Kate melakukan kunjungan ke studio Cranston di Dulwich, London selatan. Dalam beberapa kesempatan, Kate pun kerap terlihat mengenakan koleksi Cranston yang menunjukkan dukungannya terhadap sang desainer. Salah satunya saat dia menghadiri sebuah pernikahan pada Januari lalu, berbalut mantel bergaya vintage rancangan Cranston. Cranston, 34, bukanlah perancang biasa. Alumnus University of Northumbria itu sukses memenangi Designer of the Year Award pada London’s Graduate Fashion Week tahun 1999.Dia pernah bekerja untuk Alexander McQueen dan Alice Temperley.

Juru bicara Clarence House, rumah tangga kerajaan, hanya mengungkapkan bahwa gaun tersebut telah siap dan terkunci di Clarence House, dan hanya akan dikeluarkan pada hari pernikahan, 29 April mendatang. Cranston bisa jadi merupakan nama yang dirahasiakan selama ini. Pihak Clarence House hanya pernah sekali memberi petunjuk bahwa gaun Kate dikerjakan oleh desainer yang tidak begitu terkenal dan bukan berasal dari rumah mode besar.

Kate juga dikabarkan telah menyiapkan dua gaun “cadangan” yang dibuat oleh dua desainer berbeda. Salah satu nama desainer cadangan adalah Jasper Conran,perancang yang terkenal dengan gaya sleek dan simpel khas Inggris. Conran pernah merancang gaun pengantin Lady Sarah Chatto, putri dari Putri Margaret. Gaun “cadangan” ketiga masih menjadi rahasia dan khalayak mode masih memfavoritkan beberapa desainer papan atas, termasuk Bruce Oldfield, Sarah Burton untuk Alexander McQueen, Jenny Packham, Vivienne Westwood, dan Marchesa.


Undangan

Menurut pengamat UFO seperti yang dimuat Daily Mail, 30 Maret 2011 adalah biasa penampakan ekstraterresterial di sekitar peristiwa penting, dan bukannya tak mungkin mereka akan menonton pernikahan William-Kate. “Mahluk luar angkasa nampaknya tertarik dengan segala sesuatu yang dianggap penting. Mereka (UFO) terlihat baru-baru ini di Libya dan dekat lokasi kejadian tsunami Jepang.
Dalam pernikahan akbar itu telah dibuat daftar 250 tamu undangan telah dipilih oleh Pengeran William dan Kate Middleton untuk acara pernikahannya pada 29 April mendatang. Di antara tamu-tamu tersebut, ada 4 mantan pacar William yang diundang. Sedangkan Kate mengundang 2 mantan pacarnya.

Gary Goldsmith (paman Kate Middleton), Alex London (pacar Pippa Middleton), Sir John Madejski (direktur klub sepak bola Reading), Richard Benyon (anggota parlemen). Roger Pritchard dan Brian Alexander (Mustique Company), Richard Schaffer (pelatih tennis), Gregory Allen (guru yoga), Michael Bunbury (dokter), Basil Charles (pemilik bar)

Willem Marx (teman kencana Kate di sekolah), Rupert Finch (pacar di kampus), Jecca Craig (cinta pertama William), Isabella Anstruther-Gough-Calthorpe; Arabella Musgrove; Rose Farquhar (mantan pacar William). Timur Kuanyshev (konglomerat dari Kazakhstan), Ja Song-nam (Duta Besar Korea Utara untuk Inggris).

Meski banyak tamu penting tetapi tampaknya presiden Obama tidak akan diundang. Kabar terakhir mengungkapkan bahwa Kerajaan Inggris tidak akan mengundang orang nomor satu Amerika Serikat itu. Pasalnya, kedatangan Obama akan mengurangi kemeriahan perayaan nikah putra sulung Pangeran Charles dan mendiang Putri Diana yang rencananya akan menyapa rakyat Inggris, 29 April 2011 mendatang. Sumber kerajaan mengatakan, kehadiran Obama dipastikan akan menghabiskan dana besar untuk pengamanannya dan itu dinilai merupakan pemborosan.

Pemerintah Inggris tak mau ambil risiko dalam soal keamanan pada perayaan perkawinan kerajaan tersebut. Sebuah operasi keamanan raksasa akan digelar dengan polisi bersiaga penuh terhadap ancaman serangan teror dan aktivisme anarkis.

Perkawinan di Westminster Abbey itu akan membuat banyak bagian dari kota London akan ditutup, hal itu dilakukan untuk menjaga keselamatan keluarga kerajaan dan publik. Ribuan orang diperkirakan akan berjajar di sepanjang jalan untuk menyaksikan acara tersebut.

Dua seri prangko William dan Kate di Rideau Hall, Ottawa. Prangko itu diluncurkan persis pada hari pernikahan pasangan tersebut pada Jumat (29/4/2011). Prangko dengan foto pasangan pernikahan Kerajaan Inggris bukan yang pertama bagi Pos Kanada. Pada 1948, Kanada juga mengeluarkan prangko pasangan Ratu Elizabeth dan Pangerang Philips. Kakek dan nenek Pangeran William itu menikah pada 1947.


Pewaris Tahta

Undang-undang yang berlaku di Inggris mengartakan bahwa anak sulung perempuan yang lahir dari perkawinan Pangeran William dan Kate Middleton akan berhak naik takhta Kerajaan Inggris ketimbang adik-adik lelakinya, UU itui saat ini dinilai “diskriminatif” dalam mengatur garis suksesi.

Berbagai upaya dilakukan untuk menghilangkan prinsip male primogeniture, yang memberi hak tahta bagi setiap anak sulung laki-laki dalam monarki Inggris, dalam rangka memberikan putri sulung yang lahir dari setiap pasangan kerajaan di masa depan hak yang sama dengan anak laki-laki. Berdasarkan aturan saat ini, pangeran yang lahir pertama akan mewarisi takhta berikutnya, meskipun ia punya kakak perempuan.
Beberapa pihak berusaha mereformasi bidang hukum dalam pemerintahan, sedang berusaha mengubah aturan, sehingga di masa depan garis suksesi tidak ditentukan berdasarkan jenis kelamin. Dia telah mengangkat isu tersebut di Dewan Penasihat, dan diharapkan bisa mendapat persetujuan Ratu Elizabeth untuk terus maju jika hal ini terbukti menjadi kehendak rakyat.
Perubahan itu terkait komplikasi yang mungkin terjadi. Karena monarki Inggris juga bertindak sebagai kepala negara sejumlah bangsa Persemakmuran, setiap perubahan pada garis suksesi akan memerlukan pembuatan undang-undang di 16 negara terpisah. Untuk mencapai hal itu akan rumit dan memakan waktu, sementara pada saat bersamaan pemerintah harus memusatkan perhatian untuk mengatasi defisit anggaran dan memberlakukan agenda koalisi.

Australia dan Kanada, telah menyatakan penentangan terhadap pemberlakuan undang-undang yang mengubah garis suksesi. Meskipun aturan suksesi, yang menghambat warga Katolik Roma naik takhta serta memantapkan prinsip anak sulung laki-laki, itu “diskriminatif”, perubahan atasnya bisa memakan waktu bertahun-tahun. Hal itu mungkin akan muncul dalam agenda ketika para pemimpin Persemakmuran bertemu dalam KTT di Australia akhir tahun ini

Dua seri prangko William dan Kate di Rideau Hall, Ottawa. Prangko itu diluncurkan persis pada hari pernikahan pasangan tersebut pada Jumat (29/4/2011). Prangko dengan foto pasangan pernikahan Kerajaan Inggris bukan yang pertama bagi Pos Kanada. Pada 1948, Kanada juga mengeluarkan prangko pasangan Ratu Elizabeth dan Pangerang Philips. Kakek dan nenek Pangeran William itu menikah pada 1947.


Kate Middleton

Kate Middleton adalah seorang wanita cantik yang berhasil meraih gelar Master of Art dari Universitas St Andrew. Ia merupakan salah satu wanita yang saat ini selalu menjadi bahan pembicaraan publik. Media pun selalu berusaha untuk memberitakan tentang Middleton. Tak heran, wajah dan namanya selalu muncul di media hampir setiap hari. Tapi, tahukah Anda? Ternyata, Middleton memiliki panggilan khusus di media. Nama panggilan Middleton di tabloid adalah ‘Waitey Katey’

Ia adalah anak pertama dari tiga bersaudara. Ayahnya dulu bekerja sebagai seorang pilot dan ibunya adalah seorang pramugari sebuah maskapai penerbangan. Tetapi, kini kedua orangtuanya lebih dikenal sebagai pengusaha penyalur alat-alat pesta.
Middleton yang akan segera menikahi William dianggap sebagai wanita yang beruntung. Pemilik nama Catherine Elizabeth Middleton ini menjadi idola para wanita karena berhasil ‘merobek’ hati William. Tetapi, Middleton justru beranggapan lain. Ia mengatakan justru William yang beruntung mendapatkan dirinya.

Middleton selalu tampil elegan dan mampu mengimbangi William. Ia juga selalu percaya diri. Ternyata, usia Middleton lebih tua enam bulan dari Wlliam.

Ia menikahi William pada usia 29 tahun. Middleton akan menjadi pengantin kerajaan tertua dalam sejarah. Karena sebagian besar pengantin di kerajaan itu masih berusia muda saat melangsungkan pernikahan.

Middleton pernah bersekolah berbahasa Inggris di Aman, Yordania. Kemudian ia pindah kembali ke Berkshire dengan keluarganya.

Sebagai calon istri pangeran Inggris, Middleton telah diberikan 4 orang pengawal pribadi oleh Scotland Yard untuk memproteksi atau melindungi wanita tersebut sepanjang waktu. Middleton bertunangan dengan William saat mereka berlibur ke Kenya. Saat itu, William memberikan cincin pertunangan berupa safir biru. Cincin itu merupakan milik mendiang ibunda William, Putri Diana. Harga cincin itu sekitar 300 ribu poundsterling.

Middleton pernah menghebohkan karena foto-foto saat ia mengenakan bikini berwarna putih beredar luas. Ia terlihat seksi dalam balutan bikini. Foto-foto itu diambil saat ia berlibur ke Ibiza, Spanyol. Foto itu sebelumnya pernah beredar 2006 lalu, Tetapi, baru-baru ini, foto tersebut kembali beredar.

Kabar terbaru pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton dapat diketahui melalui situs internet. Menurut petugas kerajaan Inggris, untuk kabar terbaru mengenai pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton dapat diketahui dengan mengakses situs resminya yang telah diluncurkan pada bulan lalu yang beralamat klik disini.

0 komentar: