TUJUAN DAN MANFAAT: Program Pendampingan EDS

LPMP GORONTALO | Matoduwolo


TUJUAN Program Pendampingan EDS

Secara umum tujuan program evaluasi diri sekolah ini bertujuan untuk melaksanakan tahapan awal proses penjaminan mutu pendidikan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing satuan pendidikan dengan mengacu pada instrumen berbasis delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Adapun tujuan khusus dari Evaluasi Diri Sekolah (EDS) adalah :
  • Sekolah dapat menilai kinerjanya berdasarkan SPM dan SNP.
  • Sekolah mengetahui tahapan pengembangan dalam pencapaian SPM dan SNP sebagai dasar peningkatan mutu pendidikan yang bermuara pada peningkatan mutu peserta didik.
  • Menyusun RKS serta Rencana Peningkatan Mutu pendidikan di tingkat kota/kabupaten dan provinsi berbasis rekomendasi hasil EDS/M-MSPD, dan
  • Mengembangkan nilai-nilai luhur budaya karakter bangsa Indonesia di lingkungan sekolah dan masyarakat.

MANFAAT Program Pendampingan EDS

1. Satuan Pendidikan
  • Sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan secara sistematis dan berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing sekolah yang berbasis data
  • Sebagai upaya penyusunan rencana kinerja sekolah yang berbasis data yang akurat dan berkelanjutan

2. Dinas Pendidikan
  • Terbentuknya sinergisitas dalam model penjaminan mutu pendidikan pada tingkat provinsi dan kabupaten/kota
  • Terpetakannya profil sekolah dengan lebih akurat dan komprehensif sebagai salah satu data statistik yang dapat dijadikan sarana benchmarking berdasarkan 8 standar nasional pendidikan
  • Sebagai acuan dalam menentukan berbagai program kebijakan yang terkait dengan peningkatan mutu pendidikan di sekolah
  • Terwujudnya hubungan yang harmonis antara sekolah dengan dinas pendidikannya

3. LPMP
  • Tersusunnya sebuah model fasilitasi penjaminan mutu pendidikan di sekolah yang berkelanjutan
  • Terbangunnya jaringan kerja sama antara Provinsi dan Kabupaten/Kota dengan satuan pendidikan dalam proses penjaminan mutu pendidikan;
  • Meningkatnya kemampuan para pimpinan dan staf LPMP dalam pengembangan penjaminan mutu pendidikan
  • Adanya acuan proses penjaminan mutu pendidikan di provinsi Jawa Barat sebagai bentuk implementasi tugas dan fungsi LPMP
  • Termonitor dan terevaluasinya standar pencapaian kinerja sekolah berdasarkan 8 standar nasional pendidikan
  • •Tervalidasinya model konsultasi sekolah sesuai dengan tugas dan fungsi LPMP yang lebih terarah dan tepat sasaran

4. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia & Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDM&PMP)
  • Terpetakannya proses peningkatan mutu pendidikan berbasis 8 standar nasional pendidikan di satuan pendidikan sebagai acuan dalam pengambilan keputusan tingkat nasional