Ahli demografi dari Max Planck Institute di Jerman merilis penelitian menarik tentang kematangan seksual remaja pria di era digital. Hasilnya, remaja kini lebih cepat mencapai kematangan seksual dibanding generasi sebelumnya.

"Usia 18 tahun setara dengan kematangan seksual usia 22 pada abad 18," kata Joshua Goldstein dalam Livescience, 18 Agustus 2011. Artinya, kata Goldstein, setiap 10 tahun anak laki-laki mencapai kematangan seksual 2 bulan 15 hari lebih cepat dibanding remaja pada era 1700-an.

Penelitian ini didapatkan Goldstein menggunakan data kematian untuk memperkirakan puncak hormon testosteron. Belum diketahui pasti apa penyebabnya, tapi para peneliti menyimpulkan faktor nutrisi dan kelebihan lemak tubuh diduga kuat sebagai penyebab kematangan dini itu.

Adapun untuk gadis telah lama diketahui kematangan seksualnya lebih dini dengan ciri menstruasi atau perkembangan payudara. Tapi ada yang menarik yang belum bisa diterangkan secara ilmiah. Kematangan seksual pada gadis bisa dihambat jika mereka memiliki saudara laki-laki. "Masih misteri," demikian ditulis Livescience.