Ayo! Mari Berdongeng di Dunia Digital


Buat para orangtua, terutama ibu, mendongeng dan membacakan buku untuk anak-anaknya adalah semacam kewajiban tak tertulis. Lebih dari sekadar keharusan, kegiatan ini adalah kebahagiaan besar yang hanya bisa dinikmati ketika anak-anak belum memasuki usia remaja.

Setelah mereka beranjak besar, tentu kegiatan dan kebutuhan untuk membacakan buku ini tak berlaku lagi. Anak-anak yang sudah lebih besar akan memilih sendiri buku yang mereka suka, dan membacanya sendiri, tanpa perlu bantuan orangtuanya lagi.

Pada masa sekarang, ada lebih banyak pilihan dalam melakukan kegiatan intim ibu dan anak yang menyenangkan ini. Selain majalah anak-anak, buku cerita, dongeng, buku-buku komik klasik dan Jepang yang semakin banyak dan mudah ditemui, para orangtua kini bisa memilih untuk bercerita dengan cara digital. Kegiatannya sama, hanya medianya saja yang berbeda.

Dengan mudah, kita bisa menemukan bacaan-bacaan untuk anak di internet. Tinggal pilih, mau cerita berbahasa Indonesia atau bahasa asing lainnya. Beberapa majalah anak-anak juga memiliki portal khusus yang bisa dinikmati gratis.

Tentu tidak semuanya bagus dan cocok untuk anak-anak kita. Orangtualah yang berkewajiban menyaring, bacaan apa saja yang kiranya bagus untuk mengisi waktu bersama anak kita.

Di Indonesia, ada satu gerakan sosial yang menarik, yaitu Indonesia Bercerita. Idenya unik dan orisinil, yakni mengajak kita semua membiasakan kembali mendongeng untuk anak-anak. Mendidik anak melalui cerita, membiasakan anak-anak untuk berimajinasi, yang pada akhirnya nanti diharapkan akan dapat membangun karakter bangsa.

Sangat masuk akal, karena pasti kita semua percaya bahwa anak adalah masa depan bangsa. Di tangan mereka lah, nasib negeri dan bangsa ini akan kita titipkan, jika kelak waktunya tiba.

Ketika mereka tumbuh menjadi manusia dewasa, merekalah yang akan menjadi pemimpin, menggantikan pemimpin dari generasi sekarang. Tentu kita ingin, para calon pemimpin bangsa ini memiliki karakter kuat, berkepribadian tangguh, tahan banting, punya empati, berjiwa sosial tinggi, serta mengerti apa arti tanggung jawab dan komitmen dari amanah yang dipercayakan ke tangan mereka.

Kembali ke Indonesia Bercerita, dengan cita-cita mulia seperti itu, tak heran jika gerakan ini menuai prestasi hebat di usia yang masih sangat muda. Terakhir, mereka dianugerahi Best of the Best Bubu Awards v.07.

Yang lebih menarik lagi, Indonesia Bercerita menyajikan dongeng atau cerita-cerita dalam format digital. Cerita diunggah dalam bentuk podcast, dan bisa didengar hanya dengan mengakses situs indonesiabercerita.org. Tinggal pilih ceritanya, lalu dengarkan bersama-sama. Atau lebih baik lagi, mintalah anak untuk memilih cerita yang ingin ia dengar, dan selamat menikmati momen-momen berharga bersama anak kita.


source: detikNews