Gambar Hacker Cantik Yang Akhirnya Diadili


Peretas komputer alias hacker yang dijuluki “Peretas perempuan paling seksi sedunia” itu akhirnya dihadapkan ke pengadilan kota New York baru-baru ini. Sebagaimana digambarkan New York Observer, Kristina Svechinskaya, nama perempuan itu, mendekati kursi terdakwa sambil menangis.

Penampilannya menarik. Ia mengenakan jins ketat dengan sepatu boot. “Sungguh seksi, benar-benar seksi,” tutur Starr Keshet dari TG Daily.

Tapi jangan terkecoh. Svechinskaya adalah peretas yang dituduh membobol sejumlah rekening bank dan mencuri US$ 35 ribu serta memalsukan paspor. Selain itu, ia juga adalah bagian dari geng kriminal jagad maya dari Eropa Timur yang bernama ZBot.

Meski begitu, peneliti keamanan dari perusahaan antivirus Sophos, Graham Cluley, memberi catatan untuk kasus tersebut. Menurutnya, juri pengadilan masih harus mencari tahu apakah Svechinskaya benar-benar peretas bonafid.

"Kristina dituntut dengan tuduhan konspirasi pembobolan bank dan penggunaan paspor yang keliru, menurut saya itu bukanlah definisi peretas," kata Cluley. “Memang, jaksa mengklaim bahwa Svechinskaya direkrut oleh organisasi bengal dan memiliki kontak dengan peretas komputer dan pengguna paspor palsu.”

“Tapi tidak apapun dalam fakta itu, meskipun akhirnya dia terbukti bersalah, bahwa dia adalah seorang peretas,” kata Cluley.