Ketahui 10 Kegiatan Agar Lebih Dekat dengan Si Kecil


Kesibukan yang sangat padat, kadang membuat hubungan emosional antara orangtua dan anak menjauh. Untuk itu, diperlukan usaha lebih untuk membangun kedekatan antara keduanya, salah satunya meluangkan waktu dan mengajak si kecil untuk melakukan kegiatan yang menarik. Seperti yang dikutip dari sheknows, berikut 10 kegiatan yang bisa mendekatkan Anda dengan si kecil.

1. Ajak jalan-jalan
Jika Anda lebih sering menghabiskan waktu di rumah bersama si kecil, kali ini sempatkan diri untuk melakukan kegiatan di luar rumah. Misalnya, ajak anak belanja, mencoba toko kue terbaru atau hanya sekedar jalan-jalan di taman. Biarkan si anak memilih tempat yang ia inginkan. Ajak ia bercerita tentang kegiatannya, lama-lama ia akan mulai terbuka tentang dirinya.

2. Lakukan kegiatan yang mengundang adrenalin
Ganti kebiasaan menonton TV dengan bersepeda, bermain gokart, dan hal menantang lainnya. Walau menantang, cari kegiatan yang aman dan sesuai dengan usia anak. Si kecil akan terus mengingat kegiatan ini sebagai pengalaman seru.

3. Kerajinan tangan
Rancang sebuah benda yang bisa dikerjakan bersama. Menurut Caitlin Kavanaugh, editor favecrafts.com, kegiatan seperti ini tidak hanya bisa mengembangkan kreatifitas anak tetapi juga membuat ruang berkomunikasi dengan baik.

4. Berkebun
Hias halaman rumah dengan tumbuh-tumbuhan yang ditanam sendiri oleh Anda dan si anak. "Berkebun adalah kegiatan yang luar biasa untuk membawa orang tua dan anak menghabiskan waktu bersama!" kata Anette Pellico, penemu 'The Happy Gardener'. Berkebun dapat mengajarkan anak kita cara untuk bertanam dan hidup sehat.

5. Liburan
Melakukan perjalanan jauh tentunya akan menyenangkan jika dilakukan dengan orang yang kita sayangi. Selain dapat menelusuri tempat baru, kita juga memiliki waktu lebih banyak untuk bersama dan berbagi cerita. Ajak anak Anda untuk berlibur, walaupun harus menempuh perjalanan cukup jauh.

6. Berikan pertanyaan sebelum tidur
Sebelum tidur, tanyakan ia pertanyaan sederhana seperti :
1. Hal terbaik apa yang kamu rasakan hari ini?
2. Apa yang membuatmu sedih hari ini?
3. Apakah ada hal lucu yang terjadi hari ini?

Bill Corbett, penulis 'Love Limits' mengatakan,"terima apapun jawaban si anak, jangan menyebutkan hal yang dapat membuat mereka kecewa. Jika mereka merasakan ada yang berbeda, jawab saja bahwa semuanya baik-baik saja". Langkah sederhana ini dapat mempererat hubungan anak dan orangtua.

7. Berikan pijatan
Sentuhan kasih sayang dari seorang ibu pasti akan terasa berbeda. Pijatan yang nyaman tentunya membuat anak merasa perhatian dari ibunya.

8. Baca buku-buku bagus
"Baca buku yang anak Anda sukai setidaknya 10 menit. Membaca adalah salah satu kegiatan yang tepat untuk anak dan ibu, karena buku adalah salah satu hal yang membuat hubungan lebih dekat" kata Kathy Szaj, seorang penulis buku parenting.

9. Ajak mereka mencoba hobi Anda
Tidak ada salahnya mengajak si kecil untuk melakukan kegiatan yang menjadi hobi Anda. Ajak ia bersepeda, main golf, memasak atau menonton bioskop. Kenali dia dengan dunia dan kegiatan yang Anda suka.

10. Bertukar cerita
Pengalaman Anda akan menjadi cerita yang lucu untuk dibagikan dengan anak. Ceritakan bagaimana masa kecil Anda, berikan ia waktu untuk bertanya. Ini adalah saat yang pas untuk melonggarkan suasana.


sumber: Wolipop