Kini Facebook Sediakan Fitur Nostalgia

Layanan jejaring sosial Facebook meluncurkan fitur arsip atas status yang sudah pernah ditulis pengguna di dinding akun Facebook-nya. Fitur baru ini akan menampilkan update status kita pada tanggal tersebut, tepat setahun atau dua tahun lalu.

Seperti yang ditulis Mashable.com, Fitur "On This Day in 2010" ini akan muncul dalam kotak kecil di kolom kanan atas. Pengguna juga bisa menjelajah catatan statusnya pada tahun 2009.

Meskipun terdapat tombol show more untuk penjelajahan status-status kita yang lebih lama lagi, misalnya ke tahun 2007 dan 2008, namun layanan arsip ini sepertinya hanya mencatat status yang pernah kita buat sampai dengan tahun 2009. Boleh jadi ini disebabkan karena Facebook mulai meraih banyak pengguna pada tahun 2009.

Layanan ini sudah diuji secara terbatas pada 11 Agustus lalu. Ini merupakan layanan nostalgia kedua yang diluncurkan Facebook setelah sebelumnya juga menyediakan fitur yang menampilkan foto-foto yang pernah diunggah ke Facebook.

Peluncuran fitur ini diyakini tidak semata-mata sekadar layanan baru dari Facebook, tapi juga bagian dari cara Facebook untuk mengingatkan penggunanya bahwa mereka sudah lama menggunakan layanan jejaring sosial terbesar ini.

Jadi, fitur ini merupakan cara Facebook agar penggunanya tidak bermigrasi ke layanan jejaring sosial lainnya seperti Twitter atau yang baru saja membetot banyak perhatian orang, Google+.