SYAWAL GULTOM: Saya Berharap Pustekkom Terus Mendukung Acara Vicon Diklat Supervisi Akademik Pengawas Sekolah

Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Penjamin Mutu Pendidikan Kemdiknas pada tanggal 9-11 Agustus 2011 menyelenggarakan pelatihan "Supervisi Akademik Pengawas Sekolah" yang dilaksanakan di tiga kota : Bandung, Samarinda, dan Palangka Raya.

Salah satu sesi dalam acara pelatihan ini adalah VICON (Video Conference) antara Kepala Badan PSDM Pendidikan dan PMP - Dr. Syawal Gultom dengan para peserta pelatihan di tiga kota tersebut.

Vicon dilaksanakan pada tanggal 10-11 Agustus 2011. Bertindak selaku tuan rumah VICON adalah LPMP Palangka Raya, LPMP Kalimantan Timur, dan P4TK IPA Bandung. Para peserta pelatihan dan VICON adalah para pengawas sekolah di provinsi Kalteng, Kaltim dan Jabar.

Selain , Dr. Syawal Gultom yang berada di Palangka Raya, VICON juga dihadiri oleh pejabat-pejabat laian seperti Kepala P4TK IPA di Bandung dan Kepala Penjamin Mutu Pendidikan Kemdiknas- Dr. Muhammad Hatta yang hadir di Samarinda.

Pelaksanaan VICON memanfaatkan koneksi JARDIKNAS dan MCU (Multi Point Control Unit) yang berada di NOC Pustekkom di Ciputat. Secara umum VICON berjalan baik dan lancar. Sedikit gangguan meliputi: kurang stabilnya kondisi jaringan di P4TK IPA Bandung sehingga VICON sempat terputus hingga tiga kali. Kendala lain adalah kurang baiknya penerangan ruangan di LPMP Kalteng dan Kaltim sehingga kualitas gambar pada vicon kurang jelas.

Kepala Badan SDM Pendidikan dan PMP menyatakan kepuasannya atas berlangsungnya VICON tersebut dan berterima kasih atas dukungan dari tim teknis Pustekkom yang terdiri atas Sdr. Agus Ali Sriwartono (Palangka Raya), Sdr. M. Adhi Bagus Nuryadi (Bandung) dan Sdr. Veri Saputra (Samarinda). Beliau berharap agar Pustekkom dapat terus mendukung acara-acara semacam ini. Acara VICON cukup sukses di mana para peserta sangat antusias dalam berdiskusi dengan Kepala Badan SDM Pendidikan dan PMP. Acara yang dibuka di Palangka Raya kemudian ditutup di Samarinda oleh Kepala Pusat Bantendik dari LPMP Kalimantan Timur.

Keberhasilan acara tadi membuktikan bahwa JARDIKNAS sedikit banyak memberikan manfaat bagi penyelenggaraan pendidikan di Indonesia. Dan hal ini tak lepas dari kerja sama yang baik antara pihak Pustekkom dan P4TK IPA, LPMP Kalteng dan LPMP Kaltim.





sumber: Jardiknas