Temukan Rahasia Sehat di Balik Golongan Darah

Hari ini cuaca diluar cukup cerah, panasnya lumayan terasa menyentuh. Tak banyak aktifitas yang kulalukan, Tak seperti biasanya, kali ini bukan aku yang visit ke dokter Akmal tetapi beliau yang singgah ke rumah ibundaku. Setelah berbincang cukup tentang pasien pasienya, beliau juga bercerita sekelumit tentang darah dan golongan golonganya.

Darah adalah substansi vital dalam tubuh kita. Tapi ironisnya banyak orang banyak orang yang baru mengetahui golongan darahnya pada saat akan melakukan donor ataupun transfuse darah.

Selain untuk donor dan transfusi darah atau organ lain, golongan darah juga diperlukan pada kasus kedokteran, kehakiman, penelusuran keturunan, administrasi Negara dan lain lain.

Secara garis besar penggolongan darah yang lazim digunakan adalah sistem ABO (A,B,O,AB). Tetapi kita tidak pernah tau sisi penting dan sisi menarik lainnya dibalik golongan darah dalam tubuh kita.

Sesungguhnya golongan darah anda dan saya boleh dikatakan sebagai kunci yang dapat membuka dari misteri kesehatan, penyakit, ketahanan hidup vitalitas, phisik, kekuatan emosional bahkan kepribadian kita konon dapat diungkap melalui golongan darah.

Golongan darah juga menentukan kemampuan tubuh kita untuk bertahan terhadap serangan penyakit, lalu makanan apa saja yang tepat untuk dikonsumsi serta latihan phisik apa yang tepat kita lakukan. Memang sih hubungan antara makanan dan golongan darah kelihatannya agak kaku terdengar dan sepertinya sulit dipercaya, tetapi dalam kenyataannya dan tanpa kita sadari ada mata rantai di dalamnya. Contoh kecilnya adalah diet tinggi protein dan rendah karbohidrat untuk tujuan penurunan berat badan akan sesuai untuk yang memiliki golongan darah O, tetapi menjadi tidak berhasil atau bahkan gagal total untuk mereka yang memiliki golongan darah A.

Pada dasarnya tidak ada kata salah dan benar dari semua jenis diet dan olahraga, tetapi ada pilihan lebih baik untuk kode genetic yang berbeda. Dan hal yang penting menurut golongan darah adalah dengan tujuan mendapatkan kesehatan yang optimal.

Untuk memahami arti golongan darah tidak ada salahnya jika kita mengetahui asal muasal dari masing masing golongan darah.

Golongan darah yang tertua dari keempat golongan darah yang ada adalah golongan darah O (Old) sekitar 40.000 tahun SM di Afrika, manusia purba merupakan predator yang sangat berbahaya di muka bumi. Konon mereka membuat senjata dan peralatan untuk berburu, secara otomatis makanan mereka adalah daging hasil buruan. Semakin bertambahnya populasi persaingan mereka dalam bertahan hidup semakin ketat yang membuat mereka saling berkelahi dan membunuh. Hal ini yang mendasari mengapa orang dengan golongan darah O adalah pemakan daging dan mempunyai sifat keras sebagai pemimpin.

Ketika kemudian mereka mengembara menuju eropa dan asia untuk mencari lahan baru dalam perburuannya. Didaerah baru mereka mereka menemukan lahan yang subur dan iklim yang lebih sejuk. Perpindahan ini menimbulkan perubahan tak hanya dalam sumber makanan saja tetapi juga struktur anatomi mereka yang tadinya mempunyai struktur tulang yang kuat menjadi halus, sekaligus pola makan yang tadinya carnivore (pemakan segala) menjadi pemakan tumbuh tumbuhan karena lingkungan yang lebih subur.

Secara otomatis gen gen tersebut mengalami mutasi, maka lahirlah golongan darah A (Agrarian) sekitar tahun 25.000 -15.000 SM didaerah Asia dan Timur Tengah. Pada jaman ini konon manusia tidak lagi berkompetensi untuk mendapat makanan tetapi mulai bercocok tanam dan berternah. Mereka pun mulai mengenal bergotong royong.

Kemudian sekitar 15.000 – 10.000 SM di daerah pegunungan Himalaya (sekarang daerah diantara India dan Pakistan). Perubahan iklim menyebabkan mereka berpikir menciptakan sistem irigasi pertanian dan teknik bercocok tanam yang lebih canggih. Penggabungan kreativitas, kecerdasan dan sistem teknik membuat golongan darah B dapat bertahan hidup. Ditambah lagi mereka juga memiliki peternakan yang menghasilkan produk olahan susu (dairy product). Penggabungan antara golongan darah A dan B menghasilkan lahirnya golongan darah baru yaitu AB (modern). Ditemukan kurang dari5% dari populasi dunia.

Kemudian saya mencoba mengeksplore hubungan golongan darah dam makanan yang kita konsumsi dengan mempelajari teori Lectin, reaksi kimia yang terjadi antara darah dan makanan yang kita makan adalah sebagai berikut :

Lectin adalah zat yang ada di dalam makanan, yang memiliki kemampuan untuk menggumpalkan darah kita pada waktu kita makan makanan yang tidak sesuai dengan golongan daah kita. Dengan adanya penggumpalan darah dalam tubuh kita menyebabkan gangguan kesehatan. Diet menurut golongan darah bukan sekedar menghindari lectin tetapi juga menuju kesehatan yang optimal.

Bagi yang memiliki golongan darah O, protein hewani merupakan diet paling cocok. Dikarenakan orang memiliki darah O mempunyai asam lambung yang tinggi serta olah raga yang berintensitas tinggi seperti aerobic adalah aktifitas baik sebagai respon terhadap stres. Konon pemilik darah O memiliki asam lambung yang tinggi sehingga pemilik darah O juga rentan terhadap radang lambung, maag, radang usus 12 jari.

Pemilik golongan darah A, percaya atau tidak percaya konon takut mengambil resiko, namun pemilik golongan darah A memiliki kekebalan tubuh yang rendah. Pemilik golongan darah ini cocok dengan diet ala vegetarian. Olah raga yang sesuai adalah yoga, meditasi.

Pemilik darah B adalah satu satunya golongan darah yang dapat menikmati produk produk olahan susu. Biasanya pemilik golongan darah B mampu terhindar dari penyakit penyakit bahaya yang mengancam jiwa seperti penyakit jantung atau kanker. Diet yang sesuai pun sangat bervariasi dari produk hewani dan nabati yang beraneka ragam, hanya saja pemilik golongan darah ini tidak cocok untuk mengkonsumsi daging ayam.

Sedangkan pemilik golongan darah AB adalah penggabungan antara A dan B. Salah satu tipe AB mengikuti tipe A dengan memiliki asam lambung yang rendah sehingga pola makan vegetarian cukup sesuai , tetapi tipe AB juga perlu protein hewani. Konon pemilik golongan ini memiliki karakter lebih sensitif.

Tulisan ini sekedar share kepada sahabat dan para pembaca kompasiana, golongan darah apakah yang dimiliki para sahabat disini, semoga ada manfaat yang dapat diambil. Salam Kompasiana.. salam sehat.


source: Kompasiana