Ayo Ikuti "Lomba Inovasi Guru Dalam Bahan Ajar Mandiri se-Provinsi Gorontalo"


Problematika guru di era teknologi ini tak terhindarkan. Seorang guru bukan hanya disibukkan dalam aspek pembelajaran, namun juga bergelut dengan urusan administrasi, pengembangan profesi bahkan sampai pemenuhan syarat sertifikasi. Aktivitas tersebut tenu menyita waktu dan tenaga bagi guru, sementara tanggung jawab yang paling besar bagi guru adalah melaksanakan pembelajaran bersama siswa agar siswa mencapai kompetensi yang diharapkan.

Menyadari akan konsekuensi logis yang dihadapi guru tersebut, LPMP Gorontalo sesuai dengan tugas dan fungsinya berusaha mencari terobosan baru sebagai bentuk peningkatan mutu pendidikan melalui Lomba Inovasi Guru Dalam Pengembangan Bahan Ajar Mandiri Berbantuan Komputer/Multimedia Tahun 2011.

Simon Marada, S.Si MM. selaku Kepala Seksi Program dan Sistem Informasi LPMP Gorontalo sekaligus penanggung jawab kegiatan lomba, saat ditemui di ruang kerjanya menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai apresiasi postif dalam memberikan motivasi dan penghargaan kepada guru atas dedikasinya dalam bidang pembelajaran selama ini. Dengan begitu seorang guru menjadi lebih diperhatikan dan dituntut untuk maju, sebab hanya melalui jasa guru pendidikan berkualitas dapat diwujudkan.

"Adapun sasarannya adalah Guru SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK/MAK negeri dan swasta se-Provinsi Gorontalo dan bersifat perorangan", terang Simon.

Media pembelajaran dalam mendukung keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran harus memenuhi syarat yang memadai, yaitu mampu meningkatkan motivasi pembelajaran, terjangkau, praktis dan mudah dipergunakan, merangsang dan menarik perhatian siswa, serta memiliki kemampuan dalam memberikan tanggapan, umpan balik termasuk mendorong siswa melakukan praktek pembelajaran dengan benar.

Bentuk media pembelajaran yang diharapkan adalah CD interaktif (multimedia) untuk pembelajaran mandiri dengan menggunakan teknologi komputer yang mampu menyajikan hubungan atau interaksi manusia, realita, gambar bergerak atau diam, tulisan dan suara yang direkam. Namun demikian tidak mudah bagi seorang guru menyajikan kelima bentuk stimulus pembelajaran tersebut, sehingga perlu kompetensi khusus untuk lebih menguasainya.

CD Interaktif tersebut merupakan bahan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dalam proses pembelajaran mandiri berisi satu topik sajian yang utuh dari standar kompetensi dan kompetensi dasar tertentu yang dikembangkan dengan menggunakan software aplikasi (Powerpoint,Ecxel, Flash, Authoware, Frontpage, Photoshop, Fox Pro, dll) dan atau bahasa pemrograman lainnya.

Persyaratan Karya
  1. Mencantumkan kurikulum yang digunakan sesuai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), sasaran kelas/semester, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator serta petunjuk penggunaan program.
  2. Materi lomba merupakan satu indikator atau lebih dari standar kompetensi dan atau kompetensi dasar mata pelajaran SD, SMP, SMA, SMK atau sederajat yang tersertifikasi
  3. Guru yang sudah tersertifikasi atau mempunyai kualifikasi S-1
  4. Disajikan dengan menggunakan Bahasa Indonesia, kecuali mata pelajaran Bahasa Inggris dan Bahasa Gorontalo.
  5. Dilengkapi dengan petunjuk penggunaan program dalam 2 bentuk sajian, yaitu print out dan CD.
  6. Karya original dalam ide dan kreasi yang dibuktikan dengan surat pernyataan di atas materai.
  7. Apabila dalam pembuatan media, peserta perlu mencuplik karya orang lain sebagai referensi / bahan pelengkap sajian, maka peserta harus mencantumkan sumber cuplikan tersebut.
  8. Hasil karya dikemas dalam format CD (3 buah copy).
  9. Setiap bahan ajar yang diikutsertakan dalam lomba bila layak dan mengikuti lomba menjadi hak milik LPMP Gorontalo.
  10. Hasil karya yang dikirimkan sudah dalam bentuk file Sofcopy Executable (di-compile artinya di ubah dari bentuk text ke bentuk bahasa mesin yang bisa langsung dieksekusi oleh komputer)

Waktu Perlombaan
  1. 60 karya peserta yang lolos seleksi administrasi dan persyaratan lomba dipanggil ke LPMP Gorontalo pada tanggal 07 s.d. 10 Okotber 2011, untuk mempresen tasikan bahan ajarnya.
  2. Bila perlu menggunakan software khusus diperbolehkan membawa sendiri.
  3. Kegiatan lomba menggunakan sistem gugur atau babak penyisihan.
  4. Setiap peserta akan mendapat kesempatan waktu selama 15 menit dengan perincian 10 menit untuk presentasi dan 5 menit untuk pertanyaan dari juri (final).
  5. Setiap peserta wajib mengikuti kegiatan lomba dari awal sampai akhir kegiatan.
  6. Setiap peserta wajib hadir di ruang lomba 1 jam sebelum jadwal presentasi.
  7. Keputusan juri tidak bisa diganggu gugat.
  8. Ketentuan yang belum ada akan diatur kemudian

Hadiah - hadiah
Lomba terbagi menjadi 4 (empat) kelompok, berdasarkan jenjang pendidikan, yaitu :
1) Kelompok SD/MI,
2) Kelompok SMP/MTs,
3) kelompok SMA/MA dan
4) SMK/MAK.

Setiap juara masing-masing kelompok akan memperoleh hadiah sebagai berikut:
Juara I
Netbook, Piagam Penghargaan, Souvenir dan Uang Pembinaan

JuaraII
Netbook, Piagam Penghargaan, Souvenir dan Uang Pembinaan

Juara III
Netbook, Piagam Penghargaan, Souvenir dan Uang Pembinaan



Pendaftaran

Gratis tidak dipungut biaya.
Formulir pendaftaran dan persyaratan lomba diantar langsung atau dikirim melalui pos sampai dengan tanggal 30 September 2011.


Tempat pendaftaran

LPMP Gorontalo
Seksi Program dan Sistem Informasi
Alamat: Desa Tunggulo Kec. TilongKabila Kab Bonebolango Provinsi Gorontalo
Telp. 827732, Faks. 827731,
Email: nuptklpmpgorontalo@gmail.com


Kontak Person

Lina : 0852 4067 2500
Silvy : 0813 5684 0966
Ridwan : 0813 4004 5497
Phay   : 0852 4030 7545