Kemdiknas Gelar Olimpiade Sains Nasional Tingkat Perguruan Tinggi 2011

Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdinas) kembali menggelar Olimpiade Sains Nasional Tingkat Perguruan Tinggi Indonesia (OSN-PTI). Tahun ini adalah penyelenggaraan yang keempat kalinya, dan diikuti mahasiswa dari perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS). Ada empat bidang yang dilombakan yaitu matematika, fisika, kimia, dan biologi.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdiknas Illah Sailah mengatakan, kegiatan olimpiade ini menunjukkan animo kepada masyarakat bahwa bidang matematika dan ilmu pengetahuan alam (MIPA) bukan sesuatu yang dianggap sukar. Selain itu, kegiatan Ini juga untuk menggairahkan kepada calon mahasiswa bahwa bidang MIPA bukan sesuatu yang menakutkan dan sulit.

"Dengan cara penyajian olimpiadenya bukan hanya penalaran menghitung atau mengerjakan soal, tetapi juga ada problem solving yang nanti harus dipresentasikan. Hal itu akan menjadi lebih menarik bagi mahasiswa," katanya seusai menggelar telewicara dengan 21 universitas di Lantai 10 Gedung D, Kemdiknas, Jakarta, Rabu (7/9/2011).

Kegiatan olimpiade ini kerja sama antara Universitas Indonesia dan PT. Pertamina (persero) dan didukung penuh oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdiknas. Penyelenggaraan OSN-PTI terdiri atas tiga tahap yaitu pendaftaran, seleksi tingkat provinsi, dan seleksi tingkat nasional. Pendaftaran dilakukan secara online mulai 1 Agustus hingga 20 September 2011.

Illah menyampaikan, hasil positif dari Olimpiade ini bukan hanya akan mengangkat nama baik mahasiswa yang juara, tapi juga mengangkat nama baik universitasnya. Apalagi, jika pihak kampus mempromosikan ke calon mahasiswa yang masih duduk di bangku sekolah menengah atas (SMA) maka akan menjadi nilai tambah. "Bagi yang sudah tertarik pada sains, mereka akan melihat perguruan tinggi mana yang sudah menghasilkan juara-juara. Itu akan menghasilkan ketertarikan sendiri bagi calon mahasiswa," katanya.

Sampai saat ini, panitia mencatat sebanyak 4.000 mahasiswa yang sudah mendaftar. Pada penyelenggaraan tahun lalu lebih 13.500 mahasiswa ikut berpartisipasi. Tahun ini panitia menargetkan sebanyak 15 ribu mahasiswa dari 200 perguruan tinggi akan ikut berkompetisi.

Olimpiade terbuka bagi seluruh mahasiswa S-1 yang minimal duduk di semester tiga, dan bukan pemenang OSN-PTI tahun sebelumnya. Pada tahun ini panitia memberikan penghargaan khusus yaitu teori terbaik (best theory) dan presenter terbaik (best presenter). Total hadiah yang diperebutkan sebanyak Rp 2,8 miliar.

source: Kemdiknas