Lirik lagu Seks Pengaruhi Kehidupan Seksual Remaja

Saat ini banyak lagu yang menyisipkan kata-kata berbau seks dalam liriknya. Ternyata lirik mengenai seks ini bisa mempengaruhi perilaku dan kehidupan seksual remaja.

Peneliti Cougar Hall, Yosua H West dan Shane Hill dari Brigham Young University di Provo, AS melihat ada kecenderungan meningkatnya penggunan lirik seksual dalam lagu, meskipun kadang bersifat eksplisit.

"Hal ini mengingatkan kembali pada penelitian sebelumnya mengenai hubungan antara lirik musik dengan perilaku seksual remaja," ujar Hall, seperti dikutip dari Health24, Kamis (8/9/2011).

Dalam studi sebelumnya telah ditunjukkan adanya hubungan yang kuat antara paparan seksual melalui media dan aktivitas seksual. Para remaja cenderung melebih-lebihkan aktivitas seksualnya dihadapan rekan-rekannya.

Sedangkan studi ini melibatkan remaja berusia 8-18 tahun yang diminta mendengarkan lagu-lagu yang tengah populer melalui MP3 player atau iPod. Dan peneliti menganalisis lirik dari 100 tangga lagu teratas di Billboard sejak tahun 1959-2009.

Diketahui musisi laki-laki berkulit tidak putih lebih mungkin untuk menulis lagu dengan lirik seksual. Umumnya lirik seksual ini merendahkan perempuan dan memiliki efek yang merusak bagi remaja.

Penulis mengungkapkan bahwa musik populer mengajarkan orang muda untuk menjadi agresif secara seksual sehingga mempengaruhi perilakunya. Padahal kondisi ini bisa mempengaruhi kesehatan seksual terutama dalam hal penyakit infeksi menular seksual.

Para peneliti menyarankan untuk memberikan perlindungan bagi remaja karena adanya keprihatinan yang serius terkait promosi pesan seksual yang tidak sehat dalam musik. Hasil studi yang dipublikasikan secara online dalam jurnal Sexuality & Culture.


source: detikNews