Lomba Menulis Cerita Remaja (LMCR) Kemdiknas 2011


Imajinasi jauh lebih penting daripada pengetahuan (Imagination is more important than knowledge), kata ilmuwan besar abad XX Albert Einstein. Pengetahuan terbatas sementara imajinasi mencakup langit dan bumi. Dengan memerhatikan ungkapan tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan Nasional menggelar Lomba Menulis Cerita Remaja (LMCR) 2011.

Lomba ini mengajak siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah se-Indonesia untuk adu imajinasi dalam bentuk karya tulis/cerita. Dibungkus tema disiplin siswa dan kejujuran siswa, peserta dibebaskan membuat cerita tentang imajinasinya yang tak terbatas.

Imajinasi itu, misalnya, terdampar di pulau terpencil, terjebak pada konser musik yang rusuh, bertemu artis idola atau orang yang dikagumi, berkunjung ke tahun 2100, atau imajinasi yang belum pernah dipikirkan manusia. Tulis imajinasi itu dalam sebuah rangkaian cerita yang menarik!

Ada sejumlah persyaratan dalam lomba menulis ini:

Karya siswa Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (terbuka mulai kelas VII hingga kelas IX), dibuktikan dengan surat keterangan dari kepala sekolah.
Tulisan berbentuk cerita.
Tulisan belum pernah dipublikasikan di media manapun.
Panjang tulisan 4-10 halaman, diketik pada kertas ukuran A4 dengan jarak 1,5 spasi.
Peserta boleh mengirimkan lebih dari satu naskah.
Di halaman akhir tulisan ditulis biodata penulis serta nomor telepon yang bisa dihubungi.

Naskah tulisan dibuat tiga rangkap, dimasukkan dalam amplop, dan di bagian luar ditulis ‘LMCR 2011’. Naskah dapat diantar langsung atau dikirim paling lambat 15 September 2011 (stempel pos). Naskah dikirim ke alamat: Kementerian Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Sub Output Pembinaan Pendidikan Estetika pada Subbag Rumah Tangga, Bagian Umum, Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kompleks Kemdiknas Gedung E Lantai 5, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta 10270.

Bagi pengkhayal hebat yang bagus membuat cerita, telah disiapkan hadiah berupa uang tunai sebagai berikut:

Pemenang 1 : Rp 6.000.000
Pemenang 2 : Rp 5.500.000
Pemenang 3 : Rp 5.000.000
Pemenang 4 : Rp 4.500.000
Pemenang 5-9 : Rp 4.000.000
Pemenang 10-15 : Rp 3.500.000

Pajak hadiah sebesar 15% (PPH pasal 21) ditanggung pemenang.

Kemdiknas berhak menerbitkan dan menggandakan naskah yang terpilih. Keputusan panitia bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Untuk informasi lebih lanjut, panitia penyelenggara dapat dihubungi di nomor telepon (021) 5725616 dan 57851730. Email: estetika.mandikdasmen@yahoo.co.id. Ayo para pengkhayal yang hendak mengikuti jejak Albert Einstein, tunjukkan karyamu!


sumber: Pena Deni