Modal Sosial Gerakkan Peradaban Manusia

Modal sosial merupakan penggerak relasi antarmanusia, dengan tolong menolong tanpa melihat imbal balik. Selain itu, saling memberi pengertian dan panutan bisa memberikan makna yang lebih luas dalam interaksi manusia yang biasa menggunakan kata silaturahmi.

Hal itu dikemukakan Dekan Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Pendidikan Indonesia (FPIPS UPI), Karim Suryadi, serta ilmuwan sosial dari Cornell University, New York, Peter Carey, dalam kuliah umum di UPI, Jumat (9/9/2011).

Kuliah umum itu dihadiri 823 mahasiswa baru UPI, untuk mendengarkan pemaparan dari Carey yang menjadi konsultan ahli di Kementerian Pendidikan Nasional.

Membawakan makalah berjudul "Pengembangan Modal Sosial: Peluang dan Tantangan di Negara Berkembang", Carey juga memutar dua film dokumenter, terkait membangun kepekaan sosial di wilayah rawan konflik di Kamboja dan Sri Lanka.

Ia mengharapkan, agar para mahasiswa baru bisa tergugah dan memiliki semangat untuk berbuat sosial di masyarakat sekitarnya.

Dalam kesempatan itu, ia mengungkapkan bahwa modal sosial di negara-negara Asia mendapatkan tantangan karena kian melunturnya nilai-nilai yang dianut masyarakat. Terlebih lagi sistem pemerintahan yang masih diskriminatif pada sebagian dari masyarakat, contohnya kaum difabel.


source: Kompas