Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) 2011 Akan Digelar Besok, Tuan Rumah Target Juara Umum

Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) 2011 akan berlangsung mulai Kamis (29/9) di Provinsi Riau. Sebagai tuan rumah, kontingen Riau tentu saja ingin keluar sebagai juara umum. Namun paling tidak, Riau menargetkan masuk tiga besar.

"Target kita tidak muluk-muluk. Harapan kita sebagai tuan rumah tentu kalau bisa juara umum. Tapi kalau tidak, target realistik kita, paling tidak masuk tiga besar nasional," kata Gubernur Riau HM Rusli Zainal kepada pers, Rabu (28/9). Rusli mengungkapkan, pada even yang sama dua tahun lalu di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kontingen Riau mampu masuk lima besar nasional.

Menurut Gubernur yang memang hobi olahraga ini, beberapa Cabang Olahraga (Cabor) unggulan yang diprediksi bakal menyumbangkan medali antara lain, Dayung, Atletik, Sepak Takraw putra dan putri serta beberapa nomor lain. Dalam helat akbar olahraga pelajar ini akan diperebutkan sebanyak 515 emas, 515 perak dan 672 perunggu.

"Kita berharap even ini bisa dijadikan tolak ukur untuk evaluasi even yang lebih tinggi, yakni Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII tahun 2012 nanti, dimana Riau menjadi tuan rumah. Karena ada juga beberapa atlet Riau yang ikut POPNAS ini juga dipersiapkan di PON nanti. Dan, pada 2013 Riau juga akan menjadi tuan rumah Islamic Solidarity Games (ISG) III yang akan diikuti sekitar 57 negara-negara OKI. Ini iven yang sangat besar," terang Rusli lagi.

Selain sukses prestasi, Rusli juga mengharapkan sukses dalam penyelenggaraan, termasuk sukses dalam memacu ekonomi rakyat dan tentu saja promosi daerah. Untuk tempat pertandingan (venues) sebagian besar akan dipakai fasilitas PON yang sudah rampung.

Acara pembukaan POPNAS 2011 akan berlangsung di Gelanggang Remaja, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru pada Kamis (29/9) dan akan dibuka langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Andi A Mallaranggeng.

"Even POPNAS ini diharapkan memberikan dampak langsung bagi perekonomian masyarakat atau multi player effect. Bayangkan saja, Kota Pekanbaru akan dikunjungi sebanyak 4.761 atlet, pelatih dan official dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia," ungkap Rusli yang juga Ketua DPP Partai Golkar tersebut seraya mengharapkan pers ikut berperan menyukseskan pemberitaan even olahraga dwi tahunan ini.

Di sisi lain, Rusli juga menegaskan bahwa sejauh ini, persiapan Riau sebagai tuan rumah PON XVIII tahun 2012 terus dimaksimalkan. Ia pun optimis bahwa semua persiapan dan pembangunan venues akan berjalan sesuai jadwal yang diharapkan.

Rusli bahkan berharap, ke depan, Riau tidak saja sebagai tuan rumah PON dan ISG, tapi juga SEA Games dan iven olahraga akbar lainnya. "Kita siap untuk itu," tegas Rusli.

source: JPNN