RI - Thailand Kerja Sama Pendidikan Tinggi Bidang Perhotelan dan Pariwisata

Pusat Pendidikan Jarak Jauh Asia Tenggara atau Southeast Ministers of Education Organization regional Open Learning Centre (SEAMEO-SEAMOLEC) bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Sahid Jakarta dan Politeknik Negeri Bali (PNS) merintis kerja sama dengan institusi pendidikan tinggi di Thailand, Prince of Songkhla University Phuket Campus, Phuket Vocational College, dan Songkhla Vocational College.

Bidangnya adalah perhotelan dan pariwisata. Kerja sama ini upaya untuk mengembangkan daya saing pendidikan tinggi di sektor pariwisata. Program kerja sama meliputi magang, pertukaran mahasiswa, dan kursus singkat online. Pertemuan dalam rangka penjajakan kerja sama ini dilaksanakan pada 14-18 Agustus 2011 lalu di Phuket dan Hatyai, Thailand Selatan.

Dalam jumpa pers di gedung C Kemdiknas, (25/8), Staf Humas SEAMOLEC, Reynaldo mengatakan, Thailand dipilih karena banyak wisatawan Indonesia yang melakukan perjalanan wisata ke negeri gajah putih itu. Selain itu, beberapa institusi pendidikan di Thailand juga memiliki mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Prince of Songkhla University (PSU) akan mengirimkan 12 mahasiswanya ke STP Sahid dan PNB tahun ini. Sebaliknya, STP Sahid dan PNB akan mengirimkan masing-masing enam mahasiswanya ke PSU Phuket Campus, untuk bidang manajemen pariwisata, meliputi front office dan house keeping. Semua pembiayaan selama belajar di masing-masing partner dibebaskan sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak.

Masing-masing pihak juga bertanggung jawab membuat instrumen monitoring, supervisi, dan evaluasi sesuai dengan standar masing-masing. Sementara untuk program kerja sama dengan Phuket Vocational College dan Songkhla Vocational College adalah di bidang food production dan food service.

Detil kerja sama akan dituangkan dalam bentuk nota kesepahaman bersama (MoU) dan implementasinya dimulai pada Oktober mendatang. Ke depan, diharapkan rintisan kerja sama ini menjadi embrio kerja sama lebih lanjut untuk program transfer kredit dan dual degree antara institusi yang terlibat.

sumber: Kemdiknas