Risalah Perdamaian Siswa SMAN 6 Dengan Wartawan


Mediasi yang dilakukan SMA Negeri 6 dengan pihak wartawan yang ditengahi Dewan Pers ditutup dengan kata sepakat dan foto bersama dari kedua belah pihak terkait dengan perampasan kaset milik wartawan Trans 7, Oktaviardi pada Jumat, (16/9/2011) lalu dan kericuhan yang terjadi antara siswa SMA Negeri 6 dan wartawan.

Kepala Sekolah SMA Negeri 6 yang diwakili Kadarwati Mardiutama dan pihak wartawan yang diwakili oleh Ketua Pewarta Foto Indonesia, Jerry Adiguna mencapai kesepakatan dengan empat point.

Empat point tersebut antara lain:
  1. Kedua pihak sepakat bersikap kooperatif mendukung kepolisian mengusut kejadian perampasan kaset miliki wartawan Trans 7, yang terjadi hari Jumat, 16 September 2011, karena hal tersebut melanggar UU Pers No. 40/1999, Pasal 4, Pasal 8 yang sanksinya diatur dalam Pasal 18 (1).
  2. Kedua pihak menyadari saling berkontribusi atas terjadinya kekerasan yang terjadi pada Senin, 19 September 2011, dan sepakat menempuhperdamaian dan saling memaafkan. Kedua pihak sepakat tidak membawa kasus ini ke ranah hukum.
  3. SMA Negeri 6 Jakarta berkomitmen menghargai kebebasan pers yang sesuai dengan UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik.
  4. Pihak wartawan berkomitmen menghargai SMA Negeri 6 Jakarta. Sebagai badan publik yang melakukan tugas pendidikan.
  5. Dewan Persakan menangani pengaduan dari SMA Negeri 6 Jakarta tentang pemberitaan pers terkait kekisruhan yang terjadi pada Senin, 19 September 2011, yang dianggap tidak sesuai dengan kode etik jurnalistik. Demikian isi risalah penyelesaian masalah yang harus dilaksanakan oleh pihak-pihak yang terkait.
Penandatanganan risalah tersebut disaksikan oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia yang diwakili Eko Maryadi sebagai Ketua Divisi Advokasi, Ketua Poros Wartawan Jakarta, Widi Wahyu Widodo dan Dewan Pers yang diwakili oleh Agus Sudibyo sebagai Ketua Komisi Pengaduan Masyarakat dan Penegakan Etika Pers.

Selain itu juga Ketua Dewan Pembina Kameramen Jurnalis Indonesia, Andi Ricardi dan juga Monika Irawati dari Komite Sekolah SMAN 6 Jakarta ikut menandatangani risalah tersebut.


source: Kompas