Sandiaga Uno Resmi Beli Mandala Airlines

Saratoga Group, perusahaan milik Sandiaga Uno, telah resmi menjadi pemilik Mandala Airlines, dengan menguasai saham 51 persen. Mandala telah merampungkan perjanjian jual beli bersyarat dan berbagai dokumen legal dan komersial lainnya dengan Saratoga sebagai investor keuangan dan Tiger Airways selaku investor strategis.

Dengan perjanjian itu Saratoga akan memiliki saham mayoritas di Mandala sebesar 15 persen, Tigor Airways akan memiliki saham 33 persen, sedangkan sisanya akan dimiliki oleh kreditor konkuren dan pemegang saham lama.

“Kami senang sekali dengan finalisasi dokumen-dokumen transaksi ini dan berharap agar Mandala dapat segera beroperasi kembali,” kata Pendiri Saratoga Group, Sandiaga Uno, dalam siaran persnya, 24 September 2011.

Dengan ditandatanganinya kesepakatan tersebut, semua pihak telah mendekati penyelesaian restrukturisasi Mandala, yang masa uji tuntasnya telah berlangsung selama hampir lima bulan. Saat ini, Mandala tengah dalam proses restrukturisasi dengan mengikuti aturan perundang-undangan Indonesia.

Tahap berikutnya adalah melengkapi persyaratan-persyaratan transaksi yang diperlukan, termasuk persetujuan pemerintah yang diperlukan agar Mandala dapat segera terbang kembali. Semuanya diperkirakan akan memakan waktu sekitar 90 hari sebelum beroperasi.

Presiden Direktur Mandala Airlines, Diono Nurjadin mengatakan sangat lega dengan rampungnya proses yang cukup panjang ini. Ia berterimakasih kepada semua pihak yang membantu proses ini dan atas dukungan penuh dari Dirjen Perhubungan Udara.

Paska beralihnya kepemilikan Mandala, maskapai baru ini akan menerapkan model bisnis Tiger Airways, yakni dengan menawarkan perjalanan biaya murah ke tujuan internasional dan domestik dalam jangkauan lima jam penerbangan. Seperti juga penerbangan lainnya yang tergabung dalam Tiger Airways Group, penerbangan hasil restrukturisasi ini akan mengoperasikan pesawat Airbus A320.


Source: VIVAnews