Tiga Opsi untuk Polemik UI

Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh kembali mengimbau pihak Universitas Indonesia (UI) agar dapat segera menyelesaikan segala permasalahannya secara internal dengan tiga opsi yang dikemukakan. Hal tersebut ia sampaikan dalam pertemuan dirinya dengan pihak UI yang diwakili oleh seluruh elemen, yaitu rektor beserta jajaran dan yang mewakili, Dewan Guru Besar (DGB) UI, termasuk Majelis Wali Amanat (MWA).

Tiga opsi Mendiknas yang diberikan kepada UI adalah, pertama, diperpanjangnya kepengurusan MWA, artinya organ MWA masih ada. Kedua, terkait dengan pemilihan rektor, UI bisa memilih jika pemilihan rektor akan dilakukan oleh MWA saat ini. Ketiga, diganti semua organ yang ada di dalam UI sesuai dengan apa yang diatur oleh Peraturan Pemerintah (PP) No 66 terkait masa transisi UI.

"Artinya tidak ada lagi MWA, yang ada itu seperti dewan pertimbangan, satuan pengawas dan senat universitas, sesuai dengan PP no 66," kata Nuh, Selasa (13/9/2011) malam, di Jakarta.

Sebenarnya, tiga opsi yang dikemukakan oleh Mendiknas sudah pernah dilontarkan beberapa waktu lalu. Namun, opsi tersebut kembali dipertegas dalam pertemuan yang berlangsung tadi malam selama sekitar 4 jam. Ia menegaskan, ketiga opsi yang ia berikan kepada UI seyogianya untuk melatih dan UI diberikan kebebasan jika ingin mengembangkan opsi-opsi tersebut.

Nuh juga mengungkapkan, yang menarik dalam pertemuan kali ini adalah tentang adanya kesepakatan dari seluruh pihak untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi secara internal. Mendiknas memberikan penghormatan khusus atas kesepakatan tersebut.

"Ini harus diselesaikan oleh UI sendiri. Artinya mereka sepakat tidak ingin urusan ini melebar kemana-mana. Ini urusan domestik UI, dan mereka sepakat tidak perlu melibatkan pihak luar," ujar Nuh.

Mendiknas mengundang seluruh pihak yang berseteru untuk menemukan jalan keluar atas polemik UI yang memanas dalam beberapa pekan terakhir. Situasi di UI semakin meruncing dengan adanya ancaman mogok kuliah dari para mahasiswa dan pengajar. Selain dua pengajar FISIP UI, Tamrin Amal Tomagola dan Effendi Gazali, para dosen di Fakultas Kedokteran juga menyatakan akan mogok mengajar mulai hari ini.


source: Kompas