Wah.. Pemuda 23 Tahun ini Dirikan Perusahaan Mobil Super

Bagi banyak orang, perusahaan otomotif adalah milik mereka yang mapan. Desain mobil pun dianggap hanya bisa dibuat oleh orang yang berpengalaman. Namun hal itu dipatahkan oleh Mate Rimac, seorang pemuda berusia 23 tahun yang dengan berani mendirikan sebuah perusahaan mobil sport sekaligus merancang sendiri mobil yang akan diproduksi perusahaan tersebut.

Rimac yang merupakan pemuda asal Kroasia baru-baru ini mendirikan sebuah perusahaan yang khusus memproduksi mobil sport bernama Rimac Automobili di sebuah kawasan industri dekat Zagreb, ibukota Kroasia.

"Kroasia tidak memiliki industri otomotif. Tapi itu akan berubah," yakin Rimac seperti detikOto kutip dari New York Times, Kamis (8/9/2011).

Mobil baru yang akan dilahirkan oleh perusahaan mobil milik pemuda ini adalah sebuah mobil sport konsep yang dinamakan Concept One. Mobil tersebut akan diperlihatkan secara resmi minggu depan di ajang Frankfurt Motor Show.

"Ini adalah mobil super listrik," kata Mr Rimac. "Mobil ini bisa memproduksi 1.088 daya kuda, torsi 3.800 newton-meter dan mampu berlari jauh hingga lebih dari 300 kilometer per jam," paparnya seraya mengatakan bahwa saat ini kecepatan puncak akan mereka batasi dahulu untuk menjaga keamanan.

Namun klaim tersebut banyak dipertanyakan para pemerhati industri otomotif. Sebab kekuatan dan kemampuan tersebut tergolong luar biasa bahkan untuk sebuah mobil dengan mesin pembakaran internal yang masih konvensional. Apalagi untuk sebuah mobil listrik yang teknologinya belum banyak berkembang, klaim tersebut tentu banyak ditanyakan.

Dan ketika ditanya apakah Rimac Automobili telah mengetes mobil ini sampai 300 km/jam, Rimac hanya mengatakan bahwa semua komponen yang ada di mobil ini telah diuji dalam sebuah program prototipe tertutup. Saat ini Rimac menyediakan teaser Concept One sebelum mobil itu resmi diperlihatkan beberapa hari lagi.

Lebih lanjut, pemuda ini dengan lancar menjelaskan bahwa Concept One didukung oleh empat motor listrik yang independen yang mampu menghasilkan tenaga total 800 kilowat, faktor ini yang menurutnya digunakan untuk menghitung tenaga yang mampu dilahirkan Concept One.

Selain itu, mobil super asal Kroasia ini menurutnya mampu berjalan sejauh 366 mil (589 km) hanya dengan sekali charge. Angka tersebut mengalahkan sedan listrik Tesla Model S Signature series yang diprediksi bisa menempuh perjalanan hingga 300 mil (482,8 km) hanya dengan sekali charge.

Tubuhnya yang disokong sasis aluminium dengan body dari serat karbon pun secara langsung mampu membuat mobil ini menjadi ringan. Berat mobil ini sekitar 1.646,5 kg.

Dan untuk mengantisipasi permintaan, Rimac mengatakan kalau akan segera membangun 88 unit mobil dan preorder pun dibuat dengan harga yang lebih murah dibanding mobil super bermesin bensin seperti Pagani, Koenigsegg dan Bugatti.

Untuk target konsumennya, Rimac menargetkan akan menggaet keluarga kerajaan di Timur Tengah yang kaya raya sebagai pembeli mobil ini.


source: detikNews