Daftar Pemenang Karya Tulis Beswan Djarum 2011


Bin Haryati, Ahmadun, dan Contardo Satria Gondokusumo keluar sebagai pemenang Lomba Karya Tulis Beswan Djarum Tingkat Nasional Tahun Ajaran 2010/2011 yang digelar oleh Djarum Foundation. Ketiganya dinilai mampu memberikan gagasan orisinal dan inovatif sesuai tema besar Lomba Karya Tulis (LKT), "Masa Depan Ke-Indonesia-an".

Bin Haryati (21), mahasiswi Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) jurusan Statistika, terpilih berkat judul karyanya, "Menghidupkan Wawasan Kebangsaan Anak Indonesia melalui Permainan Edukasi Monopoli Cinta Indonesia". Sementara itu, Ahmadun (21) dari Institut Pertanian Bogor (IPB) membuat tema "Beras Cokelat Pratanak, Jagung dan Kacang-kacangan sebagai Pangan Darurat Fungsional", sedangkan Contardo Satria (21), yang juga dari IPB maju sebagai pemenang dengan karyanya, "Keju Nabati Berbahan Dasar Susu Kedelai untuk Meningkatkan Kecukupan Gizi Masyarakat Indonesia".

Tahun ini, dari 164 karya tulis yang masuk ke dewan juri, terpilih 12 karya yang dinilai menyajikan terobosan baru yang orisinal dan inovatif dalam melihat masa depan ke-Indonesia-an. Karya-karya tersebut lalu dipresentasikan dan diuji di hadapan dewan juri yang terdiri dari Prof Soefjan Tsauri selaku Ketua Majelis Profesor Riset Indonesia, Prof Ronny Rahman Noor selaku Ketua Dewan Juri Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional 2011, serta Bimbom Barkah yang menjabat sebagai Indonesia Country Head for Universal Music Group International, yang juga seorang penemu bakat di dunia hiburan Indonesia.

Selanjutnya, kedua belas mahasiswa tersebut berhasil mengalahkan 164 karya tulis dari 50 lebih perguruan tinggi negeri dan swasta yang telah melewati proses penjurian ketat sejak penjurian tingkat regional hingga menjadi 3 peserta terbaik untuk maju ke tingkat nasional. Sebagai bentuk apresiasi, hadiah diberikan kepada ketiga pemenang itu berupa uang tunai sebesar Rp 10.000.000 hingga Rp 30.000.000.

"Ini salah satu program soft skills yang kami berikan kepada para peraih beasiswa dalam mengekspresikan kemampuan intelektual dirinya dalam tulisan dan presentasi ilmiah, dan tentu juga untuk merangsang kepekaan mereka terhadap berbagai fenomena sesuai integritas keilmuan masing-masing," kata Primadi H Serad, Program Director Bakti Pendidikan Djarum Foundation, dalam acara pengumuman ketiga pemenang tersebut di Jakarta, Jumat (21/10/2011) sore.

Ia mengatakan, soft skills merupakan bekal luar biasa yang tidak terhitung dengan materi sehingga para mahasiswa berprestasi tak cukup hanya diberikan beasiswa, tetapi juga pelatihan soft skills itu. Melalui program Beswan Djarum Plus ini, kata Primadi, pelatihan tersebut meliputi beberapa aspek, seperti nation building, character building, leadership, creativity, dan berbagai kegiatan kompetisi seperti LKT ini.



source: Kompas