DPR Setujui Tambah Anggaran Kemendikbudnas Rp 97,051 T

Komisi X DPR menetapkan tambahan anggaran bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional (Kemendikbudnas) pada RAPBN 2012. Sejumlah tambahan itu nantinya untuk BOS, BOMM, BKM dan subsidi siswa kurang mampu.

"Lembaga politik berhak menetapkan program dan anggaran. Kami Komisi X sepakat memberikan tambahan anggaran untuk siswa miskin dan rehabilitasi sekolah dan ini bukan pemerintah yang mengusulkan," kata anggota Komisi X Dedi Gumelar, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (24/10/2011).

Dalam rapat tersebut Komisi X menetapkan tambahan anggaran dana BOS, BOMM, BKM sejumlah Rp 31,4 triliun. Sementara subsidi siswa miskin sejumlah Rp 1,3 triliun sehingga pagu anggaran Kemendikbudnas RAPBN 2012 menjadi Rp 97,051 triliun.

Padahal pagu anggaran yang diusulkan Kemendiknas untuk RAPBN 2012 hanya Rp 64,351 triliun. Berarti ada penetapan inisiatif DPR sebesar Rp 32,700 triliun.

"Untuk hal tersebut kami bukan dalam posisi menyetujui atau tidak," jawab Mendikbud M Nuh soal inisiatif kenaikan anggaran tersebut dalam rapat.

Anggaran yang ditetapkan tadi belum termasuk anggaran program bidang kebudayaan. Untuk itu, Komisi X mendesak pemerintah untuk menyampaikan usulan pagu anggaran program kebudayaan RAPBN 2012.


source: detikNews