Mahasiswa ITS Juara Festival Edunimasi

Tim Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya menjadi juara pertama festival animasi tingkat nasional kelompok mahasiswa melalui karya animasi berjudul Mimpi Jadi Nyata.

Juara kedua dimenangkan Institut Seni Indonesia Surakarta melalui karya animasi berjudul Seribu Satu Candi. Juara ketiga diraih Sekolah Tinggi Teknik Surabaya melalui karya animasi berjudul Si Gatot.

Lomba animasi tingkat nasional yang dinamakan Festival Edunimasi tersebut diselengarakkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Non Formal, dan Informal dari Kementerian Pendidikan Nasional. Lomba tingkat nasional pembuatan klip animasi edukasi berdurasi 120 detik tersebut, selain kategori mahasiswa juga diselenggarakan untuk kategori siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) dan mahasiswa. Tema lomba adalah “Keselarasan Pendidikan dengan Dunia Kerja”, dengan tujuan menyosialisasikan pentingnya penyelarasan pendidikan dengan dunia kerja.

Di tingkat sekolah menengah, Juara I Edunimasi adalah Sang Penulis Mimpi (SMK Bina Informatika, Tangerang Selatan, Banten), juara II Si Oplet Ingin Sukses (SMK Negeri 4, Garut, Jawa Barat) dan juara III Setinggi Langit (SMK Negeri 1, Cimahi, Jawa Barat).

Di tingkat LKP, juara I Bosan Jadi Pegawai (LKP Palcomtech Palembang) dan Juara II Piqobono (LKP Surabaya). Lomba Edunimasi 2011 diikuti 857 peserta, berlangsung sejak Mei 2011. Festival Edunimasi mendapat sambutan yang menggembirakan dari masyarakat.

Selama empat bulan terakhir, situs www.edunimasi.com mendapatkan 44.105 kunjungan dari 4.741 orang, dengan 4.111 aktivitas berbagi (sharing) oleh audiens melalui media sosial facebook, twitter, dan lainnya.

Para juri dalam lomba tersebut antara lain Prof. Dr Nunung Prajarto (guru besar komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada), Dr Ir Albert Kuhon MS SH (praktisi komunikasi), Ir Baroto Tavip Indrojarwo MSi (Ketua Jurusan Desain Komunikasi Audiovisual Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya), Dr Ir Sri Gunani Pratiwi MSc (Ketua Jurusan Teknik Industri ITS), Maria Anityasari (Staf Ahli Tim Penyelerasan Pendidikan dan Dunia Kerja Kemdiknas), dan Thonthowi Djauhari (praktisi media massa).

Para finalis (12 kelompok) awal Oktober 2011 diundang ke Bali guna mendapatkan pembekalan materi tentang penyelarasan pendidikan dengan dunia kerja dan beragam materi teknis maupun non teknis mengenai pembuatan animasi.

Nunung memberi apresiasi tinggi pada tingkat kreativitas peserta dalam mengemas pesan pentingnya penyelarasan antara pendidikan dengan dunia kerja. Adapun Kuhon mengajak para peserta untuk meningkatkan kemampuan mereka baik dalam kreativitas maupun hal-hal teknis. "Ini merupakan lomba animasi tingkat nasional yang pertama kali di Indonesia. Lomba seperti ini harus dipertahankan dan diselenggarakan secara rutin guna merangsang perkembangan komunitas animator yang dapat mendukung pertumbuhan industri animasi Indonesia," ujarnya.


source: Kemdiknas