Pagelaran Mahasiswa Tingkat Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (geMasTIK) Tahun 2011

Pagelaran Mahasiswa Tingkat Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (geMasTIK) kembali dilaksanakan, dan telah memasuki tahun ke-empat.

geMasTIK 2011 mengambil tema “Peningkatan Kompetisi Mahasiswa untuk Keunggulan Bangsa melalui Penguasaan TIK”, dengan slogan “Berkarya dan Berinovasi”. Kompetisi ini merupakan kerja sama antara Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Pagelaran Mahasiswa Tingkat Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi ini diadakan sebagai ajang penyaluran kreativitas mahasiswa serta ajang untuk berkompetisi dan mengekspresikan daya inovasi dan kreativitas di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Ditjen Dikti Kemdiknas, Suryo Hapsoro, mengatakan, geMasTIK bisa menjadi cara untuk menumbuhkan rasa percaya diri mahasiswa Indonesia untuk terus berkarya dan mengembangkan ilmu mereka di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Hal itu diutarakannya dalam jumpa pers pada Rabu, (5/10), di Gedung A Kemdiknas. Turut hadir dalam kesempatan itu, Ketua Panitia geMasTIK, Muchammad Husni.

Kompetisi geMasTIK dibagi menjadi dua babak, yaitu babak penyisihan dan babak final. Babak penyisihan dilaksanakan secara online mulai tanggal 2 Mei sampai 18 September 2011 melalui http://www.gemastik.its.ac.id. Ada 5258 mahasiswa dari 115 perguruan tinggi se-Indonesia yang mengikuti babak penyisihan ini.

Dari babak penyisihan itu, sebanyak 394 mahasiswa dari 34 perguruan tinggi lolos ke babak final. Babak final akan berlangsung di ITS, Surabaya, pada tanggal 11-13 Oktober 2011. Dari 34 perguruan tinggi tersebut, terdapat tujuh perguruan tinggi dari luar pulau Jawa, dan sisanya sebanyak 27 perguruan tinggi berasal dari pulau Jawa.

Dalam geMasTIK ke-4 ini, ada sembilan jenis lomba, yaitu lomba peranti cerdas; lomba aplikasi; lomba pengembangan game; lomba penggalian data; lomba pemrograman; lomba keamanan jaringan; lomba permainan bisnis; lomba karya tulis TIK; dan lomba desain web. Selain itu, digelar juga beberapa kegiatan pendukung, yaitu seminar Teknologi Informasi dan Komunikasi, sarasehan bidang TIK, pameran TIK, dan upacara seremonial.


source: Kemdiknas