Reformasi Birokrasi Kemdikbud Validasi 583 Jabatan

Dalam rangka Reformasi Birokrasi Internal (RBI), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan validasi nilai jabatan dan kelas jabatan di lingkungan unit utama kementerian. Validasi tersebut telah memasuki tahap finalisasi, dan diresmikan dengan penandatangan berita acara hasil validasi nilai dan kelas jabatan di lingkungan Kemdikbud, di Gedung A Kemdikbud, Jumat, (28/10).

Berita acara ditandatangani tiga pihak, yaitu Sekretaris Jenderal Kemdikbud, Ainun Na’im, perwakilan Deputi Bidang Bina Kinerja dan Perundang-undangan Badan Kepegawaian Negara (BKN), Suhadak, dan perwakilan Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal Kemdikbud, Ainun Na’im mengatakan, ada 583 jabatan di lingkungan kantor pusat Kemdikbud yang divalidasi. Sisanya akan divalidasi tahun depan. “Yang belum itu ada UPT di daerah-daerah, dinas provinsi, kabupaten, kemudian universitas-universitas juga kita proses dalam reformasi birokrasi,” ujarnya. Selain itu, tahun depan juga akan dilakukan validasi jabatan untuk direktorat jenderal baru, yaitu Ditjen Kebudayaan.

Ainun Na’im berharap dengan adanya sistem edit dan evaluasi kinerja, berarti ada satu sistem untuk peningkatan kinerja di kementerian. Sementara itu, selain validasi nilai dan kelas jabatan, RBI Kemdikbud juga memiliki beberapa program. “Misalnya kita juga punya quick wins. Yaitu target-target jangka pendek menyangkut kinerja yang harus kita capai. Kalau cara kerja kita berubah, artinya kinerja bisa lebih cepat kita capai,” katanya.

Ia menuturkan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayan telah memulai RBI sejak tahun lalu. Beberapa yang telah dilakukan di antaranya restrukturisasi, berupa perampingan struktur, penerapan teknologi komunikasi, dan proses perencanaan dan evaluasi.


source: Kemdikbud