Sistem Diklat Aparatur Diperbarui Guna Meningkatkan Kompetensi

Kepala LAN Asmawi Rewansyah memberi sambutan pada kegiatan Forum Bakohumas LAN
di Auditorium Makarti Bhakti Nagari


Perkembangan lingkungan strategis yang dinamis menjadikan standar-standar pendidikan dan pelatihan (diklat) aparatur perlu ditinjau kembali. Peningkatan standar diklat dilakukan melalui program Pembaruan Sistem Diklat Aparatur. Informasi ini disampaikan oleh Ketua Lembaga Administrasi Negara (LAN) Asmawi Rewansyah saat membuka Forum Badan Koordinasi Kehumasan Pemerintah (Bakohumas) LAN dengan tema “Pembaruan Sistem Diklat Aparatur” di Auditorium Makarti Bhakti Nagari lantai 8 gedung Administrator B LAN Jakarta, Kamis (20/10).

Lebih jauh Asmawi Rewansyah menyatakan bahwa diperlukan langkah-langkah secara sistematis dalam melakukan pembaruan sistem diklat aparatur. Langkah-langkah tersebut diantaranya adalah pembaruan modul diklat dan peningkatan kualitas widyaiswara.

Sebagai narasumber, Deputi IV Bidang Pembinaan Diklat Aparatur LAN Endang Wirjatmi Trilestari menjelaskan bahwa Badan Kepegawaian Negara (BKN) berperan strategis sebagai instansi pengendali diklat yang bertugas melakukan pengembangan dan penetapan standar kompetensi jabatan serta pengendalian pemanfaatan lulusan Diklat. Di samping itu, ada beberapa Stakeholders (pemangku kepentingan) yang berperan dalam mewujudkan Diklat Berbasis Kompetensi. Stakeholders tersebut adalah: LAN, BKN, Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK), instansi yang membawahi lembaga diklat pemerintah, Tim Seleksi Peseta Diklat Instansi (TSPDI) atau pun Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat), Instansi Pembina Jabatan Fungsional, Instansi Teknis, dan Lembaga Diklat Swasta.

Endang Wirjatmi Trilestari pun menegaskan bahwa sasaran diklat adalah terwujudnya PNS yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan persyaratan jabatan masing-masing. Untuk itu, dibutuhkan lembaga diklat terakreditasi agar dapat terpenuhi kebutuhan PNS yang berkompetensi. Ada pun salah satu pembaruan yang dilakukan LAN adalah penguasan bahasa Inggris dengan baik oleh pegawai yang akan mengikuti Diklat Kepemimpinan.

Tujuan penyelenggaraan yang diadakan Bakohumas ini adalah sarana diseminasi kebijakan dalam bidang diklat aparatur, khususnya yang terkait dengan pembaruan sistem diklat. Dengan demikian pembaruan sistem diklat yang dilakukan LAN dapat diketahui dengan komprehensif.


source: BKN