Wiendu Nuryati, Guru Besar UGM Itu Kini Jabat Wakil Menteri Pendidikan

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kembali menempatkan seseorang menjadi Wakil Menteri untuk mengisi perubahan struktur di kementerian kabinetnya.

Sebelumnya, Presiden menunjuk tiga Wakil Menteri. Lengkapnya, silakan baca di sini.

Kali ini, Guru Besar Teknik Arsitektur Perencanaan Pariwisata Universitas Gadjah (UGM) Mada Wiendu Nuryanti dipromosikan sebagai Wakil Menteri Pendidikan bidang Kebudayaan.

Dalam kesempatan memperkenalkan diri di hadapan para wartawan, Wiendu Nuryanti mengatakan bahwa ada tiga hal penting yang diamanahkan Presiden SBY kepada dirinya dalam rangka membangun kebudayaan.

"Pertama, kebudayaan perlu mendapat ruang yang sentral sebagai pilar penentu pembangunan bangsa. Kedua, kebudayaan dalam arti luas di Indonesia memerlukan perumusan kebijakan yang nantinya akan diikuti program secara menyeluruh," kata Wiendu usai menemui Presiden SBY di kediamannya di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu 15 Oktober 2011.

Kemudian yang ketiga, lanjut dia, adalah bagaimana fungsi Wakil Menteri bidang Kebudayaan akan bekerja sama dengan Wakil Menteri bidang Pendidikan membantu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk merumuskan pendidikan dan kebudayaan sebagai pilar pembangunan Indonesia ke depan. "Hal ini, bisa menjadi faktor akselerasi penting sebagai kedewasaan rakyat," tutur Wiendu.


source: VIVAnews