MENDIKBUD: Ada 4 Tugas Kemdikbud Dalam Melestarikan Budaya

Kebudayaan saat ini telah menjadi tanggung jawab baru bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Setidaknya ada empat tugas yang harus dilakukan oleh Kementerian dan Kebudayaan dalam rangka melestarikan budaya.

Pertama, harus dilakukan konservasi warisan dari nenek moyang, baik yang sudah ditemukan, maupun yang masih tersimpan. Konservasi perlu dilakukan sebagai usaha pelestarian agar budaya tersebut tidak hilang.

Kedua, tidak hanya konservasi tapi juga perlu adopsi dan adaptasi terhadap budaya-budaya lain atau budaya-budaya baru, sebagai usaha memperbanyak kebudayaan.

Ketiga, kebudayaan akan dijadikan sebagai alat diplomasi kultural. Karena kebudayaan dipercaya mampu membangun masyarakat dunia yang damai dan harmonis. Jika ketiga tugas tersebut dijalankan dengan baik, maka tugas yang keempat, yaitu kebudayaan memiliki peran untuk meningkatkan kesejahteraan, bisa diwujudkan.

Demikian pokok penting yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh saat memberi sambutan pada upacara penandaan selesainya pembersihan candi Borobudur di Magelang, Sabtu (19/11).

“Kementerian sekarang bukan hanya ngurusin pendidikan, tapi juga kebudayaan. Empat tugas itu yang harus dilakukan,” kata Menteri Nuh.

Tidak hanya pemerintah, UNESCO sebagai lembaga dunia yang menangani bidang ekonomi dan budaya juga memiliki peran besar dalam membantu pelestarian warisan budaya dunia, serta menangani krisis dan bencana.

“Warisan dunia bukan hanya sekedar label, tapi lebih kepada pesan yang dibawa untuk digunakan setiap generasi,” kata Direktur Jenderal UNESCO Irina Bokova yang juga memberikan sambutan dalam acara tersebut.

Irina mengatakan, UNESCO akan terus mendorong pemerintah dan penduduk lokal untuk mempromosikan dan menjaga situs budaya, termasuk Borobudur. Borobudur merupakan salah satu warisan Budha yang terbesar dan merupakan warisan dunia. Oleh karena itu keberadaannya sangat mempengaruhi masyarakat disekitarnya.

Dengan kesadaran itulah, maka UNESCO terus berupaya agar adanya Borobudur juga member manfaat yang baik bagi masyarakat. “Kami sudah memanggil ahli dunia untuk menganalisa bagaimana borobudur bisa meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar,” katanya.



sumber: Kemdikbud