Grand Launching SNMPTN 2012 Kental dengan Nuansa Budaya


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Grand Launching SNMPTN 2012 di Gedung D Kemdikbud, pada Kamis malam, (19/1). Grand Launching berlangsung dengan meriah dan diwarnai nuansa budaya yang kental, sebagai simbol sinergi antara pendidikan dengan kebudayaan. Turut hadir dalam Grand Launching tersebut: Wamendikbud bidang pendidikan, Musliar Kasim; Dirjen Pendidikan Tinggi, Djoko Santoso; Irjen Kemdikbud, Haryono Umar; Sesjen Kemdikbud, Ainun Na’im; Direktur Utama Bank Mandiri, Zulkifli Zaini; dan Direktur IT dan Supply Telkom, Indra Utoyo.

Dalam Grand Launching SNMPTN 2012 dilakukan penandatanganan MoU antara Panitia SNMPTN dengan Bank Mandiri dan PT Telkom Indonesia. Bank Mandiri merupakan bank yang menyediakan layanan pendaftaran SNMPTN, sedangkan PT Telkom Indonesia adalah perusahaan yang menyediakan akses internet untuk pendaftaran SNMPTN secara online.

Kemudian launching secara resmi dilakukan dengan pemukulan alat musik dari Papua, yaitu tifa, oleh Wamendikbud bidang pendidikan, Dirjen Dikti, Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri, Dirut Bank Mandiri, dan Direktur IT dan Supply Telkom. Usai pemukulan tifa bersama-sama, hadirin pun dihibur dengan Tarian Tifa dari Papua. Selanjutnya dilakukan penyerahan informasi awal dan Prosedur Operasional Baku (POB) SNMPTN kepada Wamendikbud dan Dirjen Dikti, oleh Ketua Panitia SNMPTN 2012, dan penyerahan informasi awal SNMPTN dalam bentuk CD, kepada 15 perwakilan kepala sekolah.

Grand Launching juga menyajikan tayangan filler SNMPTN 2012 dan Bidikmisi 2012, yang menjelaskan mekanisme pendaftaran dan pembayaran SNMPTN, serta tayangan flow pendaftaran Bidikmisi, jalur undangan, dan jalur tertulis. Acara kemudian diakhiri dengan bermain angklung bersama, yang dipimpin Tim Angklung Unpad.