Panitia SNMPTN Kerja Sama dengan Bank Mandiri untuk Aksesibilitas Pendaftaran


Aksesibilitas pendaftaran menjadi hal yang penting dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Untuk meningkatkan aksebilitas pendaftaran, panitia kembali bekerjasama dengan Bank Mandiri. Selain itu, kerja sama dengan PT. Pos dan Giro juga turut dijalin.

Ketua Panitia SNMPTN Prof Akhmaloka menyatakan kerja sama yang dilakukan dalam bentuk transaksi pembayaran dari pendaftar SNMPTN, terutama di daerah-daerah yang masih sulit terjangkau. Hal ini disampaikan dalam kata sambutan di Grand Launching SNMPTN dan Bidik Misi di Gedung D Kemdikbud, Jakarta, Kamis (19/1).

Sebanyak 25000 cabang Bank Mandiri yang tersebar di wilayah nusantara akan melayani transaksi pendaftaran SNMPTN untuk 61 perguruan tinggi negeri penyelenggara." Direktur utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini menjelaskan.

Untuk tahun ini, pendaftaran menggunakan layanan sarana elektronik Bank Mandiri yang disempurnakan oleh sistem web. Di lapangan, pendaftar akan terlebih dahulu melakukan pendaftaran secara online baru kemudian melakukan transaksi pembayaran dengan beragam layanan bank mandiri seperti internet banking, atm system, cash mandiri system.

Secara prakteknya, para pendaftar akan diberikan kebebasan untuk memilih antara Bank Mandiri dan PT.Pos dan Giro. Layanan call center 14000 tersedia bagi para pendaftar untuk menanyakan lokasi Bank Mandiri terdekat untuk mendaftar. Apabila tidak terdapat cabang Bank Mandiri terdekat maka pendaftar dapat menggunakan layanan PT. Pos dan Giro.

Pada acara ini, ketua umum SNMPTN juga menyerahkan informasi awal SNMPTN kepada Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Musliar Kasim, Dirjen Pendidikan Tinggi Djoko Santoso, perwakilan rektor PTN koordinator wilayah I-IV, 15 perwakilan kepala sekolah. Selain itu, pemutaran rekaman SNMPTN 2012 dan Bidik Misi 2012, tayangan alur pendaftaran Bidik Misi baik melalui jalur undangan dan jalur ujian tertulis turut digelar.