Pembangunan Infrastruktur Pendidikan Daerah Terdepan Jadi Prioritas Tahun Ini

Tahun 2012, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan memprioritaskan pembangunan infrastruktur pendidikan daerah terdepan. Hal ini diungkapkan Mendikbud, Mohammad Nuh, dalam jumpa pers akhir tahun di Jakarta, Jumat (30/12) pagi.

Jumpa pers yang dihadiri seluruh pejabat eselon satu di lingkungan Kemdikbud itu, selain memaparkan tentang hasil-hasil yang telah dicapai kementerian juga menyampaikan rencana kerja Kemdikbud pada 2012. “Kami memang akan memberikan perhatian lebih kepada saudara-saudara kita yang ada di daerah terdepan. Kami akan jadikan daerah terdepan sebagai etalase yang enak dilihat dari negeri ini. Untuk itulah beberapa perguruan tinggi yang baru saja dinegerikan di daerah-daerah terdepan akan dijadikan sebagai pusat unggulan untuk menopang potensi tempat perguruan tinggi itu berada,” katanya.

Kenapa kebijakan ini yang diambil? Tanya Nuh, yang kemudian dijawabnya sendiri, bahwa kebijakan ini tidak lain bagian untuk mengintegrasikan program besar pemerintah di dalam mewujudkan Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Nuh berharap pendidikan juga dapat ikut serta mewujudkan MP3EI, karena sesungguhnya di dalamnya berkait erat dengan penyediaan sumber daya manusia terdidik. “Semua sudah paham dan tahu bahwa pendidikan berkorelasi positif terhadap indeks pembangunan manusia (human development index/HDI) dan juga indeks kompetitif global (competitiveness global index/CGI), tinggal caranya bagaimana melakukannya. Nah ini yang akan dilakukan Kemdikbud ke depan, memberikan kontribusi di sana,” katanya.

Dalam kerangka itulah, Kemdikbud telah menegerikan dan akan terus menambah jumlah perguruan tinggi negeri di daerah terdepan sekaligus akan membangun dua perguruan tinggi teknologi baru di Sumatera dan Kalimantan. “Kehadiran dan keberadaan perguruan tinggi negeri di daerah terdepan akan memiliki kontribusi dalam mendinamisasi masyarakat sekitar, sehingga tidak hanya berfungsi sebagai pusat unggulan dalam mengembangkan potensi daerah, tapi juga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan sumber daya manusia untuk sekolah sekitar,” katanya.