Upah Minimum Provinsi (UMP) Gorontalo Tahun 2012 Sebesar Rp 837.500

Berdasarkan keputusan Gubernur Gorontalo Nomor 315/12/XI/2011, menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) Gorontalo adalah sebesar Rp837.500, atau naik hampir sepuluh persen dari UMP Gorontalo tahun 2011 senilai Rp762.500.

Untuk itu Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Gorontalo mulai mensosialisasikan UMP tahun 2012 yang resmi ditetapkan Gubernur Gorontalo Gusnar Ismail 14 November 2011.

Wakil ketua dewan pengupahan Provinsi Gorontalo, Prof Johan Yasin mengungkapkan, dalam merekomendasikan UMP, dewan pengupahan Provinsi Gorontalo harus menghadapi perundingan yang cukup alot.

Bahkan untuk menentukan UMP dewan pengupahan sedikitnya harus mengadakan lima kali persidangan yang juga tidak menemukan kata sepakat. Sebab baik dari dewan pengupahan, asosiasi pengusaha maupun serikat pekerja menawarkan angka berbeda.

“Dalam menentukn UMP forum juga melihat baik untuk kepentingan pengusaha maupun kepentingan peserta sehingga pada akhirnya pemerintah mengusulkan angka alternatif. Akhirnya ditetapkan angka Rp837.500,”ungkap Johan Yasin

Ia menjelaskan, nilai UMP tahun 2012 memang meningkat sembilan persen dibandingkan UMP tahun 2011. UMP diukur dengan melihat berbagai aspek, di antaranya standar kehidupan layak, inflasi, dan pertumbuhan ekonomi di Provinsi Gorontalo.

“Dalam merekomendasi UMP dalam keputusan Menteri kita juga UMP daerah yang terdekat sebagai bahan banding, tetapi bukan berarti harus mengikuti. Dalam menentukan UMP kami juga telah melakukan survei,”jelas Johan Yasin.

Sementara itu, Sekretaris Disnakertrans Provinsi Gorontalo Drs. Abdul Thalib Dilapanga dalam sambutanya mengatakan, penetapan UMP gorontalo untuk tahun 2012 lebih cepat dibandingkan tahun – tahun sebelumnya.

“Jika di tahun sebelumnya penetapannya pada bulan desember. Alhamdulillah untuk UMP tahun 2012 penetapannya lebih cepat sehingga kita masih punya banyak waktu mensosialisasikan UMP kepada masyarakat,”kata Abdul Thalib Dilapanga.

Untuk itu dirinya berharap kepada Disnakertrans Kab/Kota dapat melaksanakan sosialisasi serupa untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas terkait jumlah UMP Gorontalo tahun 2012.